Kuliner (Makan Siang) Boyolali 3

Beberapa minggu lalu ada teman kantor yang ulang tahun. Beberapa orang termasuk saya diundang makan siang di sebuah restoran dekat kantor saat jam makan siang. Awalnya acara ini akan dihadiri beberapa orang. Karena banyak yang absen, sesuai rencana makan siang kali ini hanya dihadiri 5 orang saja termasuk yang berulang tahun.

Jeder! Tiba di tempat acara dua meja panjang terhampar dengan lebih dari 10 orang duduk di kursi. Antara ragu mau makan di situ karena banyak kerumunan atau balik kanan dan pulang? Hati nurani meminta saya pulang tetapi kaki justru melangkah bergabung bersama mereka dan makan disitu.

Jeder!! (2) Beberapa hari setelah makan siang itu, seorang teman divonis positif covid. Duh!

***

Lanjutan dari postingan saya sebelumnya tentang catatan kuliner saat jam makan siang selama di Boyolali. Sebagian besar saya pesan lewat Go Food.

1.oRM Adem Ayem Solo ***

Lokasinya di Solo tapi sering dipesan buat katering kantor. Katanya ini salah satu restoran legendaris di Solo. Pernah mencicipi nasi kotak berisi gudeg Solo, krecek pedas dan opor ayam yang disiram areh atau santan kental. Gudeg Solo tidak semanis gudeg Jogja, ada sedikit rasa gurih walaupun buat saya yang lama tinggal di Sumatera manisnya terasa masih berlebihan.

2. Boss Pempek **

Menunya pempek, siomay, dan batagor. Batagornya lumayan, kalau pempek berasa micin aja, tidak terlalu terasa ikannya, cukonya manis saja, kurang nendang. Walau begitu, ini pempek paling lumayan di Boyolali yang pernah saya coba.

3. KFC ***

Yeay… KFC akhirnya buka cabang di Boyolali. Rasanya ya standar KFC-lah. Tempatnya bersih, nyaman, di pusat kota dekat tugu susu tumpah. Plusnya selain masih baru ada layanan drive tru bagi pembawa kendaraan.

4. Nasi Uduk Dua Bunda – Mojosongo ***

Pesan ini di Go Food karena lagi pengen makan nasi gemuk, nasi uduk khas Jambi. Sekilas mirip dengan nasi gemuk baik dari rasa nasi gurih dan isiannya yang berisi timun, sambal kacang, telur dadar, kerupuk. Perbedaannya karena sambalnya bukan tomat melainkan sambal terasi.

5. Rocket Chicken ***

KFC versi low budget. Ada 3 cabang di Boyolali: jalan Pandanaran, jalan Pepaya (dekat MAN 1 Boyolali) dan 1 lagi arah Tlatar. Enak, ayamnya krispi. Ada menu yang mirip ayam saus keju pedas kaya Richeese Factory.

6. Sop Galantin Jalan Tape *

Lupa nama rumah makannya, pokoknya yang di seberang museum Hamong Wardoyo jalan Tape. Cobain sup galantinnya biasa saja, masih enak sup galantin Marem jalan Pisang.

7. De Selokaton *

Kafe kekinian di Selo. Viewnya cantik dengan gunung Merapi yang kece banget. Namun, pelayanan lama karena petugas tidak banyak. Menunya banyak, tetapi rasanya agak sedikit mengecewakan.

8. Star Steak ***

Enak dan murah meriah. Rumah makan steak pertama di Boyolali. Harga mahasiswa.

9. RM Padang Murah *

Pesan sekali lewat Go Food dan langsung kapok. Nasinya kering, telur dadar padangnya hambar kurang mantap bumbunya dan kuah gulai sedikit. Harganya 15k. Kecewa.

10. RM Padang Uda **

Lokasi di Butuh, Mojosongo. Rasanya lebih enak daripada Padang Murah, tetapi sedikit di bawah rumah makan Padang Andalas.

11. Susu Segar dan Ayam Geprek Kiringan **

Entah kenapa tiba-tiba saja pengen order minuman di Go Food dan pesan seliter susu murni rasa red velvet. Murah tapi kurang nendang rasa red velvet-nya, lebih ke rasa strawberry. Seliter susu sapi segar hanya Rp 20.000,-. Langganan kantor sebenarnya Finestkefir di Singosari, Mojosongo tapi yang merk terakhir tidak ada di Go Food.

12. Janji Jiwa Boyolali ***

Rasanya standar Janji Jiwa-lah, mantap!

13. Waroeng SS ***

Di Boyolali waroeng SS ada 2 cabang: di Heritage dekat rumah dinas bupati dan di Pulisen, jalan lingkar Boyolali. Rasanya standar SS lah, standar enak maksud saya.

14. Nasi Berkat ***

Katanya ini makanan khas Wonogiri. Berupa nasi bungkus daun jati dengan lauk dan sayur pedas. Lauknya ayam atau daging. Harganya murah hanya lima ribu saja. Dijajakan di sebelah timur patung kuda simpang siaga.

15. Sate ayam depan BNI *

Iseng beli sate ayam pagi-pagi depan BNI Pasar Kota Boyolali buat sarapan. Sayang harganya tidak sesuai rasa. Kurang nendang bumbu sate ayamnya.

16. Kuliner Bu Yoso **

Sekilas mirip restoran mewah. Tempatnya bersih, rapi, menunya banyak dan ada jual kopi juga. Cuma cobain sup matahari (keasinan), garang asem (pedes banget). Yang lumayan hanya es stroberi.

17. Mie Ayam Tri Remaja ***

Dapat rekomendasi tempat ini dari mas Kotot. Lokasinya di ruko pasar Sunggingan. Mie ayam dan segelas teh hangat hanya 9k saja. Reccomended! 

18. Wedang Asle Pasar Sunggingan ***

Tidak jauh dari pasar lama sunggingan, masuk dari tugu Adipura, terus hingga di perempatan yang ada pohonnya (sudah ditebang). Wedang asle, wedang ronde hanya 5k saja. Menurut saya wedang aslenya mantap. Wedang rondenya agak kurang. Jual jagung rebus juga tapi pernah dapat sekali kurang manis. Buka hanya sore.

19. Tahu Petis Tugu Adipura ***

Lokasinya tidak jauh dari tugu adipura. Buka mulai sore. Penjualnya menggunakan gerobak gorengan. Setau saya ini satu-satunya yang jual tahu petis di Boyolali. Selain tahu petis juga ada tempe goreng, ubi goreng dan molen pisang.

20. Tiwul Ayu Indrokilo ***

Juga hanya buka sore hari. Ada beberapa tempat di Boyolali: kebun raya Indrokilo, taman Pandan Arum (rumah dinas bupati) dan simpang Taman Pandan Alas (simpang seiko). Cuma jual tiwul ayu seharga 10k. Manis dan gurih. 


6 respons untuk ‘Kuliner (Makan Siang) Boyolali 3

  1. memang masa pandemi ini jadi sering banget order makanan online … bener2 jarang banget makan diluar … play safe. Dan baca tulisan ini siang siang jadi bikin lapar dan mupeng bangetttt
    mesti check2 online … cari yang enak dan lagi promo 😀

Blogger yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s