Taman Utaka Sanak, SAB Garden, Athaya Garden

Normal baru, hidup baru, tempat wisata baru. Sekian lama #DiRumahAja, makin banyak taman-taman baru bermunculan di sekitaran Muara Bungo. Berikut ini tiga di antaranya: 

Taman Hutan Edukasi Utaka Sanak

Letaknya tidak terlalu jauh dari rumah, tepatnya di dekat simpang Perumnas Cadika. Tiket masuknya cukup murah hanya Rp 10.000,- (belum termasuk parkir). Masih dalam tahap pembangunan, beberapa alat berat masih tergeletak begitu saja di beberapa sudut taman. Spot untuk berfoto tidak terlalu banyak.

Selain lapangan hijau, taman (yang ala kadarnya) terdapat beberapa saung, kolam renang anak dan dewasa serta kebun binatang mini.

Saya masuk ke kebun binatang mini yang tampak tak ada penjaga. Tidak ada harimau, jerapah atau hewan-hewan berukuran besar. Hanya terdapat kandang-kandang berukuran kecil. Baru lihat kelinci, ada mas-mas datang menanyakan tiket masuk. Saya pura-pura saja tidak tahu kalau harus bayar tiket ke kebun binatang lantas melangkah keluar haha.

Untuk ke kolam renang harus bayar lagi, saya tak masuk ke kolam renang. Cuma mengambil foto kolam renang yang tampak sedikit dari luar.

Selain kebun binatang, saya tak menemukan unsur edukasi lain. Mungkin lebih cocok namanya taman satwa edukasi dibanding taman hutan edukasi.

Jl. Rangkayo Hitam (Simpang Perumnas), Cadika, Rimbo Tengah
Buka: 09.00-16.00

HTM:
Dewasa: Rp 10.000,-
Anak < 2 tahun: gratis

Kebun binatang mini:
Dewasa: Rp 10.000,-
Anak < 2 tahun: gratis

Kolam renang:
Dewasa: Rp 10.000,-
Anak < 1 tahun: gratis

Parkir motor: Rp 2.000,-

SAB Garden

Saya tak tahu SAB itu apa. Justru melihat tenda bertulis Andalan Bisnis Sejati (ABS) dan papan nama kafe TKP 86. Sebuah kafe yang berada di sebelah Polres Bungo.

Di dalam taman tak banyak yang bisa dilihat. Kolam, sungai, jembatan warna-warni, rumah-rumah kecil berwarna-warni yang mengingatkan dengan wisata serupa di Lembah Harau di Sumatera Barat.

Terdapat beberapa kolam. Kolam pertama berwarna kehijauan yang paling luas. Mungkin dipakai untuk kolam wahana bebek air.

Kolam kedua masih berwarna kehijauan. Saya pikir kolam ikan, tapi kata seorang bapak-bapak tukang bangunan yang sedang bertugas membangun jalan taman, itu dulu kolam renang. Masih kata bapak itu, taman ini sudah ada sejak lama tetapi memang pembangunannya lambat.

Kolam terakhir adalah kolam yang dipakai anak-anak berenang. Di pinggiran terdapat saung-saung yang bisa dipakai piknik bersama keluarga habis berenang. Tidak terlalu jernih, tetapi lebih baik dibanding kolam sebelumnya. Tempatnya masih sepi. Masih perlu banyak perbaikan dan pengembangan agar didatangi pengunjung.

Jl. Nangka, Sungai Kerjan, Bungo Dani
HTM: 10.000/orang (termasuk parkir)

Athaya Garden

Letaknya cukup jauh di luar kota. Tepatnya di Senamat. Namun, dari jalan lintas Sumatera arah ke Bangko, masuk ke dalam jalan kecil hanya sekitar 1 kilometer. Meski jauh, tetapi soal fasilitas paling lengkap dari taman-taman sebelumnya. 

Masuk ke area parkir saya kagum melihat parkir yang cukup luas. Mampu menampung ratusan kendaraan. Awalnya saya agak terkejut diminta bayaran Rp 30.000,- untuk tiket masuk (termasuk kolam renang anak). Itu belum termasuk biaya parkir kendaraan. Sudah jauh-jauh dari Muara Bungo, rasanya sia-sia jika tak masuk ke dalam. Sayangnya tiket tak bisa diminta karena diminta kembali di pintu masuk. Agak merasa mubazir karena saya tidak ingin berenang dan juga tidak membawa anak.

Begitu masuk ke dalam, tiket segitu rasanya sebanding dengan apa yang bisa dilihat. Selain kolam renang, ada wahana bermain anak dengan rumput sintetis, sungai buatan, saung-saung, kolam ikan dan banyak tempat selfie.

Untuk bisa menggunakan saung harus merogoh biaya lagi. Termasuk jika ingin naik wahana bebek air untuk menyusuri sungai dan ATV. Kerennya, dari sudut tertentu seolah-olah sedang di tepi sungai di Jepang dengan sakura imitasi. Kalau misal ada persewaan kimono atau hanbok (baju Korea) pasti bakal ramai.

Di tengah-tengah sungai rumah panggung yang sepertinya bungalow. Semua saung diberi nama-nama yang merupakan nama anak.

Beberapa hal yang menjadi perhatian saya adalah meski banyak tanaman, hampir semuanya merupakan bunga plastik. Selain itu masih belum banyak ditanam pohon asli sehingga masih terasa cukup panas, meski saya datang di sore hari. Selebihnya saya terkesan dengan keramahan petugas baik di loket tiket, petugas keamanan hingga petugas yang berjaga di beberapa sudut taman dan mau membantu pengunjung untuk memotret. 

Jl. Lintas Sumatera, Kp. Baru, Senamat, Pelepat

HTM: 30.000/orang
Parkir motor: 5.000/unit


6 respons untuk ‘Taman Utaka Sanak, SAB Garden, Athaya Garden

  1. memang kalau mau rekreasi sebenarnya tidak perlu jauh …. banyak tempat2 menarik disekitar kita yang malah terlewatkan begitu saja … sesuai pepatah ” rumput tetangga selalu lebih hijau ”
    btw …. pohon2 sakuranya itu bener2 serasa di Jepang … 🙂

  2. SAB garden ini kolamnya yang semula kata bapaknya kolam tapi terlihat airnya seperti ijo ya? apa karena saking lamanya nggak diurus tadi ya dan pembangunan yang lambat
    kolamnya termasuk luas bener, mungkin kalau dari udah jadi, bisa dijadikan kolam latihan atlit renang, kayaknya dalem juga

    athaya garden dengan penambahan area ala ala jepang gitu terlihat cakep, iya bener coba ada persewaan baju kimono ya dan dibuat ada tambahan lampion lampion, plus dibuatin spot yang “jepang banget” buat foto, keren kayaknya

  3. Tarif masuknya kalau datang rombongan sekeluarga kerasa juga ya biayanya.. Studi bandingnya apa ke Sumbar nih? Soalnya mirip-mirip kaya di lembah harau,, deket sakura-sakuraan itu kalau ada persewaan kimono/hanbok fix lah mirip lembah harau ahaha..

    kolam renang di SAB Garden gak terawat bgt,, beneran, mending buat dijadiin kolam ikan dan bebek-bebekan 😀

Blogger yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s