Museum di Tanjungpinang

Sebagai seorang pecinta sejarah, seni dan budaya. Berkunjung ke sebuah museum adalah hal yang sangat menyenangkan. Saya berasa satu tingkat lebih pintar sehabis mengunjungi museum. Sebagai sebuah provinsi baru, Kepulauan Riau awalnya hanya mempunyai dua buah museum . Museum Kandil Riau di Tanjungpinang dan Museum Eks Pengungsi Vietnam di pulau Galang, Batam.

Museum Kandil Riau adalah museum pertama yang berada di kota Tanjungpinang. Museum ini dimiliki oleh pribadi, menurut brosur yang saya baca letaknya di jalan Katamso, tetapi saya belum pernah ke museum tersebut.

Museum yang kedua adalah museum milik pemerintah kota Tanjungpinang. Namanya museum  Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah. Nama museum ini diambil dari nama sutan pertama Kerajaan Riau-Lingga. Museum ini terletak di jalan Ketapang, dekat restoran KFC. Bangunan museum adalah bekas gedung sekolah yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Di halaman museum dipajang patung kepala pahlawan nasional Raja Haji Fisabilillah, seorang sultan sekaligus pejuang kemerdekaan dari Pulau Penyengat. Patung ini awalnya berdiri di Monumen Raja Haji Fisabilillah di Tepi Laut, dekat pelabuhan Tanjungpinang sebelum akhirnya jatuh terkena angin kencang dan dipindahkan ke museum ini.

Sayangnya saat kami masuk , pengunjung tidak diperkenankan mengambil gambar koleksi museum. Koleksi museum ini bisa dibilang masih sangat minim. Koleksi yang ditampilkan adalah buku-buku dan arsip zaman Belanda, benda-benda perhiasan pengantin Melayu, keramik kuno dari China dan diorama pengantin Melayu. Salah satu benda yang cukup menarik adalah alat untuk menghisap candu oleh etnis Tinghoa, peralatan makan dari emas dan caping, perhiasan untuk menutup kemaluan perempuan.

Alat hisap candu
Piring emas dari kerajaan Riau-Lingga
Caping, alat ini akan melindungi kehormatan perempuan jika berhadapan dengan musuh
Diorama pengantin Melayu

Sumber foto  koleksi : http://www.museumtanjungpinang.org/

Jam buka museum :

Selasa-Minggu 08.30-14.30

Jumat 08.30-11.30

Tiket Masuk : Gratis

Iklan

8 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s