Berburu Jajanan di Pasar JB Salatiga

Selain pasar Bandungan di desa Gedangan, ada satu pasar lagi yang berada tak jauh dari rumah istri. Namanya pasar JB. Disebut pasar JB karena lokasinya di sekitaran lampu merah Kecandran jalan lingkar Salatiga atau Jalan Baru.

Pasar ini hanya buka seminggu sekali pada hari Minggu pagi hingga siang. Menempati bahu jalan mulai dari lampu merah hingga ke arah desa Candirejo. Jualannya macam-macam, sarapan, jajanan, pakaian dll.

Pas mudik Lebaran bulan Juni lalu saya tak sempat mampir ke pasar JB karena ada acara. Mumpung pulang kampung, tak sia-siakan kesempatan buat ke pasar JB untuk kulineran.

Dari rumah saya dan Ni Shaquinna naik angkot lalu turun di lampu merah. Sengaja tidak bawa motor biar tidak usah parkir karena mencari parkir dan keluar dari parkiran kadang malah merepotkan.Β 

Jujugan pertama adalah penjual gandos rangin. Kalau di daerah lain disebut bandros, pancong atau rangi. Sudah lama sekali saya tak makan gandos. Seporsi gandos hangat dijual hanya Rp 5.000,- saja. Agak kempes memang, kulitnya renyah tapi isinya tipis sekali. Sebanding dengan harganya yang hanya segitu.

Lihat penjual mendoan membuat saya berhenti. Tempenya benar-benar lebar dan digoreng tidak terlalu matang. Persis dengan mendoan yang saya makan di Purwokerto. Harganya saya lupa, kalau tidak salah sebiji Rp 2.000,-

Buat yang mau sarapan menu yang paling banyak dijual adalah soto dan sate ayam.

Ada juga yang menjual jajanan pasar tradisional seperti yang saya lihat di Rimbo Bujang seperti grontol, cenil, lupis, tiwul. Senang rasanya jajanan kuno seperti ini masih banyak peminatnya.

Anak saya sendiri hanya minta dibelikan terang bulan dan balon.

Bermacam-macam barang yang dijual di pasar JB, selain makanan dan pakaian, ada juga yang jual sayuran segar seperti ini. Favorit saya adalah sayur adas, karena sepengetahuan saya hanya ada di pulau Jawa. Sayurnya berbentuk menyerupai rambut jagung hanya lebih kaku dan berwarna hijau muda. Paling enak dibuat urap atau sayur pakai santan. Kalau di foto ini yang berada di sebelah kiri bawah.

Di pasar JB katanya ada yang jual menu luar seperti zuppa sup, salah satu menu favorit saya jika naik kereta api Parahyangan. Sayang saya tidak menemukan. Menu bakar-bakaran ala Korea juga ada, entah apa namanya hehe.

Di rumah banyak tikus? Ada penjual racun tikus. Entah apakah benar-benar manjur apa tidak. Saya pernah melihat orang menjual buah bintaro kering di lapangan Tegallega Bandung yang katanya juga ampuh mengusir tikus.

Masih banyak lagi yang bisa dilihat di Pasar JB. Saran saya, jika kesini bawa tutup kepala dan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat karena berada di badan jalan yang panas tanpa atap. Tidak semua ruas jalan saya datangi, meski masih banyak yang mau saya lihat. Kasihan Shaquinna kalau jalan terlalu jauh. Kapan-kapan nanti saya akan datang lagi. πŸ™‚

Sebagian warga memanfaatkan arena pasar JB untuk menyalurkan hobi, seperti grup musik bambu ini. Bagi masyarakat yang mau menyumbangkan sebagian rejeki disediakan kotak amal.

Kalau jalan-jalan ke Salatiga, sempatkan ke pasar JB. πŸ™‚Β 

9 Comments Add yours

  1. Ibadah Mimpi berkata:

    Wah wah wahh.. Semua jajanannya tampak menggoda nih. Jadi laperrr
    Hahaha

    Salam kenal dari kami Travel Blogger Ibadah Mimpi

    1. Avant Garde berkata:

      slm kenal kembali mbak πŸ™‚ betul..jadi laper …

      1. Ibadah Mimpi berkata:

        haloo kami mas-mas. haha

  2. Johanes Anggoro berkata:

    Semacam pasar kaget ini ya? Pernah diajak Satya kesini 😁

    1. Avant Garde berkata:

      betul Gie, ini pasar tiban yg buka cuma di hari minggu πŸ™‚

  3. Firsty Chrysant berkata:

    ini semacam pasar kaget ya…

    itu kue pacong serenjengnya 5000?

    Masih murah itu,kalau serenjengnya 5k walau isinya tipis2

    1. Avant Garde berkata:

      betul, murah meriah,,, jadi kalap mau beli semua kalo disini mah πŸ™‚

  4. rifihana berkata:

    Lihat kulinernya jadi lapar. 😁 Terus, ada gandos alias pancong juga dong, favoritku. Itu jajanan yang sering menjadi sumber keributan karena kebanyakan nama alias, hahaha. πŸ˜‚

    1. Avant Garde berkata:

      Hehehe..betul..dulu pernah “berantem” sama temen orang cgk karena dia ngotot namanya pancong haha…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s