Usulan Nama Bandara Muara Bungo

Tahun 2012 menjadi sejarah baru dalam dunia penerbangan di provinsi Jambi, khususnya di kabupaten Bungo.

Muara Bungo, kota terbesar ketiga di Jambi akhirnya memiliki bandara sendiri. Meski demikian, bandara baru benar-benar dibuka mulai tahun 2014 dengan adanya perpanjangan landasan pacu dari semula 1.350 meter menjadi 1800 meter.

Peresmian bandara dilakukan oleh Presiden SBY. Bersamaan dengan peresmian mulai dibukanya bandara Kuala Namu, bandara  Pekon Serai di Lampung Barat, bandara Atung Bungsu di Pagar Alam dan peresmian  pengembangan bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang dan bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. 

Jika sebelumnya warga Muara Bungo harus menempuh perjalanan darat ke bandara Jambi selama 6 jam, kini cukup menempuh waktu 15 menit ke bandara yang berlokasi di Sungai Buluh, kecamatan Rimbo Tengah.

Sejak diresmikan, beberapa maskapai telah datang dan pergi. Pertama ada Aviastar yang membuka rute Muara Bungo – Jakarta dan Susi Air dengan rute Muara Bungo-Kerinci dan Muara Bungo-Jambi. Sekian tahun, kedua maskapai tersebut berhenti terbang ke Muara Bungo.

Bandara Muara Bungo kembali hidup sejak diterbangi oleh maskapai besar Sriwijaya Air yang membuka rute Muara Bungo – Jakarta sejak tahun 2016. Sriwijaya Air dilanjutkan dengan NAM Air yang semula terbang beberapa hari dalam seminggu, meningkat menjadi setiap hari dan kini sehari dua kali. 

Keriuhan di langit Muara Bungo makin terasa dengan hadirnya maskapai terbesar di Indonesia Lion Air dengan pesawat Wings Air dengan tujuan Kerinci, Jambi dan Jakarta (via Jambi) setiap hari mulai Februari 2018.

Terakhir Citilink Indonesia terbang dari Muara Bungo – Palembang sejak 25 Juni 2019 dengan frekuensi seminggu beberapa kali.

Rencananya Express Air hendak membuka rute Muara Bungo – Jakarta pada bulan April lalu. Sebelum akhirnya ditunda karena Corona melanda dunia.

Saat ini, seluruh penerbangan di bandara Muara Bungo telah dihentikan gegara Corona. Entah sampai kapan.

Kode Bandara Muara Bungo
Sebuah bandara lazim memiliki kode bandara yang terdiri dari 3 huruf dan diakui secara internasional. Lucunya, kode bandara Muara Bungo berubah-ubah. Pada masa Aviastar memakai kode MAF. NAM Air MRB. Wings Air lain lagi yaitu MWS. Kini, semua maskapai mengumumkan bahwa kode bandara Muara Bungo adalah BUU.

Nama Bandara Muara Bungo

Dari tiga bandara komersial di Jambi, hanya bandara Muara Bungo yang hingga saat ini tidak memiliki nama bandara. Bandara Jambi (DJB) telah lama dinamai bandara Sultan Thaha Saifuddin yang sering disingkat bandara Sultan Thaha saja.

Bandara di Kerinci (KRC) dinamai menurut pahlawan daerah Kerinci asal desa Lolo Hilir kecamatan Gunung Raya, Depati Parbo. 

Tak jelas kenapa nama bandara kebanggan warga Muara Bungo ini hingga kini tak kunjung diberikan nama. Pernah ada wacana diberi nama bandara Lebai Hasan, nama seorang pejuang kemerdekaan yang namanya disematkan pada jalan Durian mulai dari simpang Bambu Kuning (Tugu Adipura) hingga ke kawasan Sungai Pinang. Namun, hingga kini rencana itu menguap begitu saja.

Saya tak terlalu menyukai nama bandara yang hanya menggunakan nama tempat seperti Bandara Kuala Namu, bandara internasional Yogyakarta, bandara Kertajati dan juga bandara Muara Bungo. Seperti ada ciri khas kepahlawanan yang hilang. 

Berikut beberapa nama yang kiranya laik disematkan pada bandara Muara Bungo menurut saya:

1. Bandara Haji Hanafi Muara Bungo

Berbicara tentang pahlawan daerah Bungo tak bisa dilepaskan dari Haji Hanafie. Dimulai dari pejuang kemerdekaan, anggota Dewan Pertahanan Daerah Karesidenan Jambi. Lantas menjadi Camat Muara Bungo, Ketua Badan Kongres Rakyat Daerah Provinsi Jambi sejak 1955 dan Ketua DPRD Provinsi Jambi pertama.

Beliau juga kakak dari bupati Bungo Haji Hasan yang menjabat sebagai Bupati Bungo Tebo tahun 1975-1986. Namanya kini diabadikan menjadi nama jalan di Pasar Bawah Muara Bungo dan nama RSUD milik pemerintah Kab. Bungo.

2. Bandara Amorphophallus titanum Muara Bungo

Siapa tak kenal padma raksasa sebagai puspa langka Indonesia: Rafflessia arnoldii. Namun, tak banyak orang mengenal Amorphophallus titanum, sang bunga bangkai yang bisa tumbuh tinggi menjulang mencapai 2 meter lebih.

Bunga bangkai banyak ditemukan di pelosok Sumatera, terutama di Bungo. Tak heran bunga ini diabadikan menjadi monumen di penjuru kota Muara Bungo. Di Simpang Drum (sebelum dibangun air mancur), di depan kantor camat Pasar Muara Bungo, TK Manggis, Pasar Bawah dan Taman Kota Lintas.

Sejauh ini belum ada bandara yang memakai nama tanaman/tumbuhan khas sebagai nama bandara.

3. Bandara Langkah Serentak Limbai Seayun Muara Bungo

Kata-kata ini terdapat pada lambang kabupaten Bungo. Sebagai sebuah ungkapan atas sifat, watak dan pendirian rakyat Bungo yakni: satu kata lahir dengan batin dan diumpamakan sekato mulut dengan hati, sekato dengan pembicaraan.

Arti luasnya adalah seiya sekata antara warga masyarakat dengan pemimpin pemerintahan dalam membangum daerah dengan mengutamakan musyawarah dan mufakat, persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Referensi: https://www.bungokab.go.id/post/read/151/arti-lambang.html


7 respons untuk ‘Usulan Nama Bandara Muara Bungo

  1. biasanya kalau bangun bandara ada langsung namanya ya …
    tapi yang ini sampai saat sekarang masih belum dinamai …
    hmmm … mungkin sampai nanti ada nama definitif … sekarang dinamai aja “Bandara Takbernama” 🙂

  2. sepertinya bandaranya lebih luas ini daripada bandara Jember, di Jember cuman pesawat kecil. di sana pesawat boeing udah bisa mendarat.
    tujuan nya pun juga termasuk ke kota gede kayak dari muara bungo ke palembang, bisa hemat waktu

Blogger yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s