Anak yang Lahir di Era Reformasi

Solo, kota kecil sejuta cerita. Jauh sebelum kota ini lahir, peradaban purba telah hadir dan menyajikan kisah manusia purba yang kini menjadi situs purbakala Sangiran di tepian Bengawan Solo di Sragen, kabupaten tetangga Solo.

Bengawan Solo, sungai yang membelah kota adalah saksi peradaban. Salah satunya peristiwa heroik pendaratan darurat pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-421 pada tahun 2002. Pesawat dengan rute Mataram-Yogyakarta terpaksa mendarat di sungai Bengawan Solo karena mesin pesawat mengalami kerusakan.

Pesawat mendarat dengan selamat di sungai Bengawan Solo di desa Serenan, Juwiring, kabupaten Klaten meski mengalami kerusakan di bagian ekor pesawat. Meski semua penumpang yang berjumlah total 59 orang berhasil diselamatkan, 1 orang awak pesawat harus gugur karena terlempar dari badan pesawat saat pesawat mencoba mendarat.

Bagian ekor pesawat yang terantuk batu waktu mendarat darurat menimbulkan sebuah lubang terbuka sehingga dua orang pramugari yang duduk di bagian belakang ekor tersedot keluar karena perbedaan tekanan udara. 1 orang pramugari selamat sementara 1 lagi meninggal.

1613747066933
Warga melihat pesawat Garuda di tepi Bengawan Solo (dokumentasi Solopos)

Solo juga menyimpan kisah lain tentang kecelakaan dunia penerbangan. Tahun 2004, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-538 jurusan Jakarta-Solo-Surabaya tergelincir saat akan mendarat di Bandar Udara Adisumarmo Boyolali. 26 penumpang termasuk beberapa awak pesawat tewas.

Salah seorang pramugari pesawat naas tersebut bernama Laura Lazarus menjadi korban selamat meski mengalami luka berat. Setelah peristiwa tersebut Laura kini menjadi seorang motivator.

1613747066930
Evakuasi korban pesawat Lion Air (dokumentasi Solopos)

***

Beberapa saat yang lalu saya bersama kawan dan boss saya menyambangi kantor surat kabar Solopos di Solo. Rencananya kantor kami akan memasang iklan radio. Selain surat kabar, ternyata Solopos juga punya bisnis radio. Saya pikir Solo Radio itu punya Solopos, rupanya radio Solopos juga bernama sama.

Dari Boyolali melewati Colomadu lantas lewat depan eks pabrik gula yang disulap menjadi loka wisata De Tjolomadoe. Griya Solopos, kantor perusahaan koran terbesar di Solo tersebut berada tidak jauh dari tugu mahkota yang menjadi gapura selamat datang kota Solo dari arah Colomadu yang masuk wilayah Karanganyar.

1613747066945

Usai kunjungan, mata tertuju pada memorabilia berupa beberapa kamera analog di lantai dua. Kata mas Iwan, salah seorang pegawai Solopos, kamera bersejarah tersebut terakhir dipakai pada peliputan kerusuhan di Solo tahun 1998.

1613747066942

Mas Iwan kemudian mengajak kami melihat galeri foto karya jurnalis Solopos di lantai 1. Turun lewat lift, letak galeri foto berada di belakang lobi utama. Sebagian besar dicetak hitam putih. Selain foto kecelakaan Garuda Indonesia dan Lion Air di atas, salah satu foto yang menimbulkan kesan mendalam adalah suasana Solo pada bulan Mei 1998. Api membuat kota Solo membara. Penjarahan dan pembakaran akibat kerusuhan etnis membuat kondisi keamanan Solo mencekam.

Bulan Mei 1998 adik saya lahir. Orang tua saya memberi nama Mey karena ia lahir di bulan Mei. Ia lahir di era reformasi. Koran Solopos sendiri lahir tahun 1997, setahun sebelum reformasi.

Mall Matahari Singosaren, Matahari Beteng, Atrium 21 di Solo Baru hangus dilalap api tahun kerusuhan. Meski Matahari Singosaren sudah dibangun ulang menjadi Singosaren Plaza dan Matahari Beteng menjadi Beteng Trade Center (BTC) luka dan trauma akibat tragedi itu belum sepenuhnya hilang. 

1613747066936 1613747066927
Galeri foto (kiri), kawasan Coyudan sehabis kerusuhan (dokumentasi Solopos)

Sumber berita: berbagai sumber 


Blogger yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s