Kafe di Rimbo Bujang

Rimbo Bujang dulunya adalah rimba antah berantah tempat tinggal suku Anak Dalam dan habitat satwa liar Sumatera. Proyek pemindahan manusia yang dikenal dengan nama transmigrasi dan pembukaan lahan besar-besaran pada tahun 1970-an mengubah rimba tersebut menjadi sebuah kota kecil yang ramai, Rimbo Bujang.

Dulu hutan belantara, Rimbo Bujang masa kini adalah kota terbesar di Kab. Tebo, jauh lebih ramai dibandingkan Muara Tebo yang merupakan ditetapkan sebagai ibukota kabupaten.

Di kota ini kini bermunculanfe tempat-tempat bersantai untuk nongkrong bersama teman atau keluarga. Masing-masing memiliki kekhasan dan ciri tersendiri yang membedakan dengan tempat lain.

Seluruh kafe ini berada di wilayah kelurahan Wirotho Agung (Unit 2) Rimbo Bujang.

1.dDC Cafe and Hangout (Delicious Cafe)

Kafe paling ramai dan paling besar di Rimbo Bujang. Tempatnya instagenik sekali dengan spot-spot kece baik di dalam maupun di luar ruangan. Mereka bahkan punya halaman samping, halaman depan yang penuh dengan tanama-tanaman hijau yang hidup. Menunya banyak sekali. Soal rasa makanan sih standar, jangan terlalu berharap dengan rasanya. Kalau minuman dan dessertnya okelah.

Jl. 7 (KH Ahmad Dahlan), Rimbo Bujang

2. Oneshot Coffee Gayo

Kedai kopi paling “bener” di Rimbo Bujang baik dari baristanya, cara pembuatan kopi hingga penyajian kopinya. Ferry, barista, sekaligus pemilik kafe merupakan satu-satunya karyawan merupakan anggota BCC (Bungo Coffee Corner).

Tempatnya sih kecil dan minimalis, memanfaatkan teras toko kue “Bunda” yang berada di dalam. Enaknya di sini, sambil ngopi bisa sambil makan kue. 

Jl. Pahlawan, Simpang Jalan 5 (Sultan Thaha), Rimbo Bujang

3. Jejak Rasa

Kedai kopi paling baru di Rimbo Bujang. Di deretan Alfamart sebelah RS Gandhi Medika di depan terminal Rimbo Bujang. Lantai satu berlokasi di dekat barista. Lantai tiga merupakan rooftop dan area terbuka. Bisa lihat pemandangan jalan utama Rimbo Bujang dari atas.

Baru sekali nyobain espresso-nya dan menurut saya agak over ekstraksi, belum cobain menu lain.

Jl. Pahlawan, Komp. Terminal Rimbo Bujang sebelah RM Salero Kampuang, Rimbo Bujang

4. Gayo Coffee

Kedai kopi yang berada dekat kosan nih, tidak jauh dari SMKN 2 Tebo. Tempatnya lumayan asik, nuansa kayu dan terdiri dari dua lantai. Lantai atas semi terbuka dengan jendela yang lebar. Menunya tidak sebanyak di DC, tapi lumayan lah. Ada kopinya juga tapi rasanya tidak seenak di Oneshot.

Jl. M. Hatta (sebelah RM Ayam Penyet Temanggung), Rimbo Bujang

5. Kingdom Bar

Namanya mengandung bar, padahal ini adalah kafe dan resto ayam penyet. Belum pernah beli makan di tempat. Seringnya pesan antar nasi ayam penyet buat makan siang di kantor.

Jl. 5 (Sultan Thaha), Rimbo Bujang

6. Tiara Cafe

Belum pernah berkunjung.
Jl. 8 (RA Kartini) Rimbo Bujang

7. Classy Cafe and Resto

Lokasinya pas di samping jalan yang mau ke SMAN 2 Tebo. Baru cobain cap cay yang rupanya bukan cap cay goreng ala Jawa tapi cap cay kuah. Belum pernah coba menu lain.

Jl. Pahlawan (Samping terminal Rimbo Bujang), Rimbo Bujang

8. Angkringan

Angkringan memang bukan kafe, tetapi saya masukkan ke list karena bisa dibilang tempat nongkrong yang nggak kalah asik dengan kafe. Angkringan hanya buka malam hari, biasanya habis Maghrib sampai larut malam.

Setelah cobain minuman “wajib” angkringan yaitu wedang jahe, menurut saya wedang jahe di Rimbo Bujang lebih pas dibanding dengan wedang jahe angkringan di Muara Bungo. Angkringan cocok buat menikmati makan malam dengan harga hemat.

Ditambah lagi, selain sate-satean, nasi kucing dan gorengan, di Rimbo Bujang lazim ditemui jajanan yang khas Jawa seperti arem-arem, nasi tewel (khas Pati), garang asem.

Beberapa warung angkringan yang pernah saya cobain di Rimbo Bujang:
1. Angkringan Jomblo, samping SPBU (depan Puskesmas Unit 2)
tutup tiap Rabu malam (malam Kamis)
2. Angkringan samping ruko eks. GO
ada arem-arem, nasi tewel dan garang asemnya, menunya paling banyak dan lengkap
3. Angkringan depan GO
wedang jahenya agak mahal

 


8 respons untuk β€˜Kafe di Rimbo Bujang’

  1. ternyata banyak bener ya tongkrongan disana, aku kira hanya yang awal awal dulu diceritain itu aja
    angkringan pamornya nggak pernah redup, dimana mana ada

Blogger yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s