Pempek Olivia Oleh-oleh Muara Bungo

Semua orang setuju bahwa pempek berasal dari Palembang. Makanan terbuat dari campuran tepung sagu, ikan sungai, yang biasa dicocol cuko (kuah pempek) banyak ditemukan di penjuru kota. Mulai dari tukang penjual keliling, warung rumahan, hingga restoran.

Siapa sangka, pempek juga ada di Jambi. Daerah tetangga Palembang yang berjarak 6 jam perjalanan darat. Pun sama halnya dengan Palembang, pempek di Jambi juga makanan rakyat yang bisa dinikmati kapan saja dan bisa dibeli di semua tempat.

Waktu tinggal di Bangko, tak sulit menemukan penjual pempek. Meskipun bisa dibilang rasanya masih di bawah pempek Jambi ataupun Palembang. Jika saya pergi ke Muara Bungo, salah satu agenda wajib adalah kulineran. Salah satunya makan pempek. Jika tak sempat makan di tempat, saya akan membungkus beberapa buah pempek untuk digoreng di rumah.

Pempek yang cukup terkenal di Muara Bungo yaitu pempek Olivia. Saking terkenalnya, pempek ini jadi jinjingan wajib kalau pergi keluar Muara Bungo, baik naik travel atau pesawat. Sering saya lihat di bandara, banyak yang menenteng kardus bertulis Olivia sebagai oleh-oleh untuk teman atau kerabat.

Selain pempek, saya kurang tahu oleh-oleh khas Muara Bungo. Bisa jadi ada makanan lain, sayangnya kurang diekspos sehingga tidak terlalu dikenal.

Oom pemilik pempek OIivia ini asli wong Pelembang. Istrinya orang Muara Bungo. Kabarnya, awalnya oom ini berjualan pempek keliling sebelum membuka restoran pempek. Oom pemilik Olivia ini Muslim, pempeknya sendiri sudah mengantongi label halal dari MUI, jadi jangan tanya pempeknya pakai bahan yang halal atau haram yak 🙂

Sekilas tak ada beda pempek di Muara Bungo (Jambi pada umumnya) dengan pempek Palembang. Jenis dan varian pempeknya juga sama: pempek kapal selam, lenjer, keriting, pistel, kulit, lenggang, tekwan, model, dll. Hanya saja di Jambi pempek adaan lebih sering disebut sebagai pempek bulat. Dari segi cuko, pempek Jambi menurut saya lebih dominan pedas. Walaupun cuko manis juga tersedia bagi yang tidak suka pedas.

Pempek Olivia di Muara Bungo ada dua tempat. Pusatnya di jalan Lebai Hasan. Cabangnya di jalan Teuku Umar yang dikelola oleh salah satu anak pemilik yang di pusatnya. Baik pusat maupun cabang ini rasanya sama karena dibuat oleh satu orang. Hanya saja di cabang tempatnya lebih kecil dan terkadang beberapa variannya tidak ada seperti pempek keriting dan pistel.

Harga 1 buah pempek kecil (bulat, lenjer, kulit dll)  yaitu Rp 3.500,- model dan tekwan Rp 15k, kapal selam Rp 13k. Otak-otak Rp 4k satu bungkus. Kalau pesan seporsi pempek dapat 10 buah. Bisa juga pesan setengah porsi atau cukup sebutkan mau pempek berapa buah. Varian lainnya seperti laksan (pempek kuah gulai) dan celimpungan (pempek kuah mirip opor) juga tersedia.

Saya seringnya beli pempek keriting, pistel (pempek isi pepaya muda) dan otak-otak. Saya langsung pergi ke pusatnya daripada beli di cabang karena di cabang suka kosong. Itupun jika datangnya sebelum jam 12 kadang pempek keriting dan pistel belum ada. Pernah juga datang agak sore, kedua jenis pempek tersebut sudah habis hehe. Untuk minumnya saya biasa pesan es kacang merah setengah porsi. Pernah beli satu porsi akhirnya neg dan tidak habis dimakan karena terlalu sudah kekenyangan makan pempek. Yang di bawah ini es kacang merah setengah porsi.

Bagi yang mau beli pempek untuk dibawa perjalanan jauh ke luar kota, bisa beli pempek mentah dan diberi tepung agar awet beberapa hari. Paketnya tersedia mulai dari Rp 75k hingga Rp 285k. Jenis pempeknya bisa dipilih sesuai selera. Bisa juga dikirim ke luar kota. Pengirimannya bisa lewat pos/ekspedisi. Jika di dalam wilayah provinsi Jambi bisa dikirim travel. 

Kantor saya beberapa kali memesan pempek pakai travel. Cukup telpon, transfer uang, pempek datang 2 jam kemudian diantar pakai travel yang melayani rute Muara Bungo ke Bangko.

Selain pempek, oleh-oleh dari daerah lainnya juga tersedia seperti pancake durian Medan, kopi khas Pagaralam, kemplang dari Palembang, amplang Bangka, hingga terasi khas Bangka.

Lokasi : 


2 respons untuk ‘Pempek Olivia Oleh-oleh Muara Bungo

Blogger yang baik meninggalkan jejak berupa komentar :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s