Keliling Dunia di Celosia

Tren foto selfie di taman bunga warna-warni yang kini sedang tren bisa dijumpai di Semarang. Tepatnya di taman bunga Celosia, Bandungan, Kabupaten Semarang. Lokasinya searah dengan jalan menuju candi Gedongsongo desa Candi kecamatan Bandungan.

Celosia sendiri merupakan nama lain dari bunga jengger ayam atau Celosia cristata. Bunga celosia banyak tumbuh di Asia, Afrika barat dan Amerika Latin. Taman ini sendiri baru dibuka tahun 2017.

Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000,- saya beserta keluarga melewati kanopi yang terbuat dari rangkaian bunga segar. Bunga-bunga ini beraneka macam dan sudah dikemas dalam pot, siap dijual.

Kami datang waktu siang hari. Namun, udara dingin Bandungan yang terletak di lereng gunung Ungaran membuat kami tak kepanasan. Meski namanya taman bunga, Celosia justru dipenuhi dengan replika arsitektur dunia. Bunga-bunganya sendiri malah belum terlalu banyak.

Replika menara Eiffel, patung Merlion Singapura dan kincir angin ala Belanda merupakan beberapa ikon dunia yang ramai menjadi objek selfie. Lucunya, kincir angin yang berwarna oranye tidak terlalu mirip dengan kincir aslinya yang berwarna hitam. Spot wisata yang lain diantaranya Taj Mahal, patung Moai di Pulau Paskah, Chile.

Tak hanya replika bangunan populer dunia, terdapat juga patung-patung lucu karakter animasi seperti Kungfu Panda, Upin Ipin, dan doraemon.

Taman bermain anak seperti mandi bola, istana balon, seluncuran dan ayunan juga ada. Khusus untuk mandi bola dan istana balon perlu merogoh kocek tambahan untuk bisa menikmatinya.

Di antara beberapa spot, tempat favorit saya adalah ini. Rumah hobbit ala film Lord of The Ring. Spot ini juga ramai jadi harus antri untuk berfoto disini.

Puas foto-foto, kami beranjak pulang. Menuju pintu keluar, terdapat mural di dinding berupa gambar 3D. Lumayan buat menambah persediaan foto untuk dipajang di Instagram.

Saat hendak masuk ke mobil, saya diberitahu bahwa di seberang Celosia sedang dibangun taman kelinci dan masih soft opening jadi masih gratis. Kami beranjak ke tempat yang dimaksud. Jalan menuju taman kelinci masih tanah sehingga pengunjung harus berhati-hati. Sebelum mencapai taman kelinci, terdapat patung-patung lucu karakter Spongebob Squarepants dan replika batu prasejarah Stonehenge yang aslinya berada di Inggris.

Di atas sebuah bukit dibangun kandang-kandang kelinci yang didalamnya ditempatkan puluhan kelinci. Taman ini belum dibuka sehingga kami hanya bisa melihat dari luar pagar. Kamu bisa melihat kelinci?

 

 

Referensi : Wikipedia : https://en.wikipedia.org/wiki/Celosia_cristata

Iklan

7 Comments Add yours

  1. Iai_009 berkata:

    lumayan juga buat liburan keluarga

    1. Avant Garde berkata:

      betul sekali mas/mba :]

  2. Lumayan buat wisata keluarga ya, mas. Itu yang anak muda cowok adekmu?

  3. omnduut berkata:

    Nah kan asyik kalau BW balik ada postingan baru hehehe.
    Taman kayak gini kalau dibuat di tempat semestinya aku setuju aja. Tapi kalau yang model ngerusak alam kayak di Lembah Harau gitu, aarrrggghhh

    1. Avant Garde berkata:

      eh, kalo yg di lembah harau emang gimana Yan?

  4. abesagara.com berkata:

    sepertinya tiap kota berlomba-lomba untuk bikin tempat wisata macam gini yah. Bagus sih sebagai sarana edukasi dan refreshing warganya.

    1. Avant Garde berkata:

      betul bang, meski idenya copy paste tapi yg jelas mengangkat perekonomian lokal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s