Jam Gento Baru

Sejak beberapa bulan ini, jam gento ditutup untuk umum. Di sekeliling bangunan ditutup rapat dengan seng. Bangunan yang lama dirubuhkan diganti dengan bangunan yang baru. Rasa heran muncul kenapa bangunan jam gento yang masih bagus dibongkar diganti dengan bangunan baru. Tak terlalu bagus memang, hanya cat dindingnya saja yang memudar. 

Selain sebagai ikon kota, jam gento dulu berfungsi sebagai penunjuk waktu sholat. Sayang, sudah sekian lama tak terdengar bunyi azan dari menara jam gento. Letaknya yang berada di ketinggian membuat pemandangan sebagian kota Bangko tampak dari atas. Namun, aura jam gento dikenal suram karena kalau malam dijadikan tempat pacaran dan mabuk segelintir anak gahol Bangko #benar-benar suram -_-

Beberapa minggu yang lalu saya mendengar kabar jam gento sudah dibuka kembali. Penasaran, saya sekeluarga pergi ke jam gento. Ibarat magnet baru, meski belum dibuka secara resmi, banyak pengunjung terutama anak-anak sekolah -dengan masih memakai seragam datang ke jam gento-. 

p1060965masih belum jadi sepenuhnya
p1060975jam gento

Motor saya parkir pas di belakang bangunan. Dulu jam gento hanya terdiri dari satu bangunan dan sebuah menara. Saat ini bangunan utama terdiri dari tiga lantai dan menara jam. Lantai satu dan dua kabarnya akan dipakai sebagai museum dan kafe. Lantai paling atas untuk gardu pandang. Saat ini pengunjung hanya diperbolehkan naik ke lantai dua. Lantai tiga masih ditutup untuk umum.

Bangunan yang sekarang tampak lebih modern dan bagus dibandingkan dengan jam gento lama. Sayang relief-relief yang dulu menghiasi sekeliling banguanntak tampak lagi. Saya jadi rindu jam gento yang lama.

Bagusnya, karena lebih tinggi, pemandangan yang dilihat jadi lebih bagus lagi. Saya bisa melihat jalan lintas Sumatera, jembatan Batang Merangin, jembatan Syamsuddin Uban, bahkan rumah bupati Merangin dan masjid agung Baitul Makmur. Hanya saya yang naik ke atas, Nia dan mamanya menunggu di bawah.

p1060958pemandangan di sebelah timur : jembatan dan sungai Batang Merangin; jalan lintas Sumatera
p1060961sebelah barat : jalan raya Bangko – Kerinci  
p1060959sebelah selatan : masjid agung Baitul Makmur (hanya nampak kubah dan menaranya)
p1060960sebelah utara : Pasar Bawah Bangko

Dari jam gento, saya singgah sebentar di simpang Pasar Bawah untuk memotret patung HM Kamil, bupati Merangin pertama yang baru saja dikerjakan. Posturnya tampak imut dibandingkan dengan bagian bawah patung yang besar.
p1060976

Di jantung kota Bangko baru saja selesai proyek pasar rakyat. Lokasinya tepat di samping Pasar Baru. Seperti apa wujud pasar ini nanti, saya belum tahu.
p1060977

Iklan

23 comments

  1. Dibongkar total dan dibangun nyaris sama dengan yang lama. Harusnya dibuat kayak monas, diatasnya bisa buat melihat pemandangan, pasti lebih mantap hehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s