12 Peristiwa Tak Terlupakan Tahun 2016

Tahun 2016 sudah lewat memang. Selamat tahun baru 2017 (maaf telat). 2016 tak hanya meninggalkan ribuan foto perjalanan dan ratusan kenangan serta puluhan cerita. Lebih dari itu 2016 adalah tahun dimana saya mengalami beberapa hal mengesankan dan tak terlupakan.

Saya tertantang mencoba beberapa hal baru seperti olahraga ekstrim seperti arung jeram di sungai Batang Merangin. Pengalaman seru lain saat menjadi pengajar dadakan di Kemenkeu Menginspirasi.

Ada suka pasti ada duka. Hal yang buruk, bahkan pahit pun tak bisa saya hindari di tahun 2016. Sebagian sudah saya ceritakan di blog, sebagian belum. Lebih lengkapnya, ini rangkuman peristiwa tidak terlupakan sepanjang tahun lalu versi on the spot saya. 

  1. Famtrip ala-ala ke Rantau Panjang
    DSC05291
    Kegiatan ini sebenarnya bukan Famtrip. Atau katakanlah ini Famtrip yang tidak disengaja. Famtrip ke desa wisata Rantau Panjang dan arung jeram di Batang Merangin yang harusnya menyenangkan berakhir kurang nyaman karena ada kesalahpahaman dan tragedi hilangnya barang beberapa peserta. Pada famtrip pertama dan terakhir saya di tahun 2016 ini, saya berhasil uji nyali, menakhlukkan jeram di Batang Merangin.

  2. Foto Prewedd di Museum Geopark Merangin
    d (1)

    Saya mempunyai sebuah keinginan: sebelum pindah dari Bangko ingin berfoto pakai baju adat Merangin. Atas bantuan Dede dan kawan-kawan sebagai fotografer dan perias dadakan, saya dan istri berhasil foto pakai baju adat. Lokasinya pun di tempat yang bukan sembarangan : di Museum Geopark Merangin. Saya suka hasil fotonya, meski sebagian blur.

  3. Menyaksikan Gerhana Matahari (Tidak) Total
    Tinggal di Bangko, saya cukup beruntung karena bisa melihat gerhana matahari, meski bukan gerhana matahari total. Setidaknya, saya bisa melihat detik-detik “sirna”nya matahari dengan cukup baik dibandingkan dengan penampakan matahari kota di provinsi sebelah yang gencar mempromosikan wisata gerhana hehe. 
  4. Solo Trip ke Bangka
    1-DSC05808
    Perjalanan solo trip ke Bangka untuk kali pertama menjadi trip terbaik saya tahun lalu. Pengalaman pertama naik kereta dari Lubuk Linggau ke Palembang, digoyang ombak di selat Bangka, bertemu orang-orang baik di Bangka hingga pesona indahnya alam, pantai dan kuliner Bangka nan lezat yang membuat saya baper berat!

  5. Tampil di Rakorda
    Februari kemarin ada rapat antar kantor se-kanwil di Jambi. Pada akhir rapat kali ini setiap kantor diminta menampilkan pertunjukan seni. Saya ditunjuk menjadi konseptor. Saya mempunyai ide tari medley Nusantara yang rupanya disetujui kepala kantor. Meski sederhana, penampilan kami membuat banyak penonton kagum #eh. Foto-fotonya bisa dicek di instagram saya.

  6. Transit di Batam 
    Kota ini menghadirkan rasa haru dan bahagia tiap saya berkunjung kesana. Ketika masih tinggal di Tanjung Batu, saya selalu naik pesawat dari dan ke Batam, lanjut kapal ke Tanjung Batu. Saya hanya transit sebentar di Batam ketika pesawat saya dari Jambi hendak ke Semarang. Namun, tiba-tiba kenangan indah dua setengah tahun tinggal di Kepulauan Riau memenuhi jiwa dan pikiran.
  7. Juara Favorit Karnaval 17-an
    1-b4fb7dc8-d705-47ad-888e-f90aac317aa3
    Dasar saya narsis tingkat dewa, setiap ada pertunjukan seni pasti saya ikut. Termasuk mengikuti karnaval 17-an yang pertama kali saya dan kantor saya ikuti tahun ini. Hasilnya, berbekal kostum karnaval ala ala JFC yang kami buat sendiri, kantor kami berhasil menggondol juara favorit ke-3 🙂 haha.
  8. Kamera Rusak, Hardisk Tidak Terbaca
    Saya dan kamera ibarat lem dan perangko. Tiap kali bepergian kemana-mana, saya selalu mengandalkan kamera saku Sony yang saya beli di tahun 2015. Malang, kamera saya terjatuh sehingga layarnya pecah. Setelah diperbaiki, kamera itu saya lungsurkan ke adik. Sekarang saya memakai kamera mirrorless, bekas sih. Saya beli dari Poppy kawan saya. Namun, saya suka hasilnya karena lebih bagus dari kamera saya yang lama.

    Kamera ganti baru, muncul masalah pada hardisk saya. Beberapa file tidak terbaca. Segera saya copy isi hardisk ke laptop. Sayang tak semua foto berhasil saya selamatkan. Termasuk foto famtrip saya ke Rantau Panjang dan foto liburan ke Bangka. 😦

  9. Mengajar anak SD lewat Kemenkeu Menginspirasi
    dscf1189
    Orang tua saya guru, istri saya mantan guru, sedangkan saya tak pernah sekalipun ingin menjadi guru. Lewat event Kemenkeu Menginspirasi, saya bergabung dengan relawan lain mengajarkan anak-anak dengan Kementerian Keuangan, dengan pajak, sekaligus membuat mereka berani bercita-cita.

  10. Drama Perpanjangan Paspor
    Paspor saya habis tahun 2015 sebenarnya. Sekalian liburan, saya berniat membuat paspor lagi di Bengkulu. Sayang, saya lupa tidak membawa kartu keluarga. Lain waktu, saya mencoba peruntungan ke kantor imigrasi Padang. Ya ampun, antrian dibuka sejak Subuh dan jam 7 pagi antrian sudah tutup.
    Terakhir, saya berencana membuat di Jambi saat saya berdinas ke Jambi. Saya melalukan kesalahan dengan mengisi formulir “pembuatan baru” bukan “perpanjangan”. Alhasil, uang yang sudah saya setor tak bisa saya tarik kembali. Kabar baiknya, paspor baru saya berhasil saya buat di Jambi.

  11. Kehilangan Sahabat
    Ada yang datang, ada yang pergi. Termasuk kepergian beberapa sahabat saya. Antara lain mas Dika teman ngetrip dan teman satu instansi saya dan Galih teman sekosan saya waktu kuliah dulu. Kabar duka juga datang dari samandayu dan Iqbal, kawan blogger. May they rest in peace.

  12. Masuk UGD Gara-gara Poci
    Jelang pergantian tahun, betis kiri saya digigit Poci, anjing peliharaan kantor. Poci sedang sensitif ditinggal anaknya yang mati kecelakaan. Atas saran teman, segera saya pergi ke UGD rumah sakit. Kabar baiknya, gigitan Poci tidak membuat saya luka parah. Kabar buruknya, BPJS hanya menanggung biaya vaksin tetanus dan obat untuk diminum, sedangkan vaksin untuk suntik rabies tidak ditanggung BPJS huhu #rogohkocekdalem2. 
27 comments

  1. Aih aih seru sekali kaleidoskop Kang Isna sepanjang tahun 2016 ya. Kalau saya sepanjang tahun lalu sangat menyedihkan hingga menyisakan luka yang tak bisa dilupakan. Huhu…
    Saya kemarin kehilangan data dalam flashdisk. Tiba-tiba saja ketika dicolokkan ke PC, si flashdisk sudah terformat sendiri. Segera saya memulihkannya dengan aplikasi Inspector File Recovery. Alhamdulillah semua file yang hilang dapat kembali.
    Waktu di Bogor, saya paling takut sama anjing. Karena anjing di Bogor galak-galak. Semenjak hijrah ke Kalimantan, saya tidak takut lagi sama anjing karena anjing di sini cuek-cuek walau rada nyebelin. Nyebelinnya karena anjing di sini suka berjemur di tengah jalan. Kalau tertabrak, suka muncul tiba-tiba orang yang mengaku-ngaku pemilik anjing dan meminta uang denda. Padahal anjingnya gak pernah dipelihara.

  2. Hallo bang Avant, salam kenal.
    Banyak juga ya suka duka tahun 2016, tapi masih berimbanglah.
    Nyesek juga kalo foto kenangan harus hilang, tapi untungnya pas digigit Poci abang ga kenapa-kenapa.
    Uang bisa dicari lagi, tapi kalau udah sakit, ribet urusannya, hehe.

  3. Banyak kenangan ya Mas, baik yang bahagia, bikin kesal, bikin takut, sampai sedih, hehe. No. 12 memang pas banget ditaruh di akhir, saya agak-agak bagaimana gitu membacanya. Mungkin karena saya kurang simpati sama anjing (pernah trauma juga gara-gara digigit). Makanya sekarang tak pernah dekat-dekat.
    Keren Mas, dirimu memang mantap kalau di urusan seni dan budaya, hehe. Perlu belajar nih saya soal bagaimana tampil di depan umum, minimal jadi lebih terbukalah. Semoga tahun 2017 bisa lebih spektakuler dari tahun kemarin dengan lebih banyak lagi kenangan baik, ya. Amiiin :)).

  4. Banyak kenangannya di 2016 ya.
    Paspor saya juga sudah lama habis mau perpanjang ke tempat buat awal kejauhan.
    Pas waktu libur pulkam saya mau buat paspor di Padang, ampun deh antriannya, padahal lagi libur sekolah. Akhirnya batal bikin juga karena ada syarat yang kurang.

Tinggalkan Balasan

