12 Destinasi Terbaik 2016 ala djangki

Dalam hitungan jam miliaran umat manusia merayakan tutup tahun 2016. Ada yang bahagia dengan pencapaian dan kesuksesan yang sudah dicapai. Ada yang dirundung duka karena mengalami musibah. 

Di tahun ini ada beberapa doa saya yang terkabul, ada yang belum. Setahun belakangan saya tak terlalu banyak jalan. Perjalanan paling mengesankan tahun ini adalah berhasil mengunjungi Bangka-Belitung secara solo traveling ala backpacker.  Bangka-Belitung merupakan provinsi ke 16 saya dari seluruh provinsi di Indonesia.

Ada beberapa destinasi yang cukup memberikan kesan kepada saya di tahun 2016 ini. Beberapa di antaranya adalah seperti di bawah ini (urut abjad):

  1. Candi Ngempon – Kab. Semarang
    Candi Ngempon adalah candi ketiga dari empat candi di Kabupaten Semarang yang berhasil saya tuntaskan tahun ini setelah candi Klero dan candi Dukuh. Nilai plus candi Ngempon adalah adanya kompleks pemandian air panas kuno. Simak kisah candi Ngempon disini.
    1-IMG_20160715_160556
  2. Jembatan & Museum Gentala Arasy – Kota Jambi
    Jika Palembang mempunyai jembatan Ampera, Jambi boleh berbangga karena mempunyai ikon baru yaitu jembatan Gentala Arasy. Jembatan ini unik karena berbentuk huruf s, membentang dari titik 0 km kota Jambi di Pasar hingga Seberang.
    DSC00985
  3. Kebun Karet Lorong Sejahtera – Bangko
    Piknik tak perlu jauh-jauh. Di belakang rumah kami rupanya terdapat sebuah kebun karet yang cukup luas. Sangat rimbun dan cocok buat penggila instagram seperti saya. Tengok keindahan kebun tersebut disini.
    DSC06606
  4. Goa Rong View – Kab. Semarang
    Goa Rong menyajikan wisata alam kekinian. Foto-foto di puncak bukit dengan pemandangan perbukitan, danau Rawa Pening dan gunung Merbabu di bawah. Persis seperti euforia ala acara MTMA di tv. Intip keindahan Goa Rong disini.
    1-img_20160715_140541_1
  5. Hesti Garden – Jangkat 
    Tak ada yang membantah kalau Jangkat adalah mutiara yang terpendam dari Merangin. Termasuk saya. Hanya bisa mengagumi keindahan alam dan keramahan warga Jangkat. Salah satu pesona Jangkat yang sedang naik daun adalah Hesti Garden, taman bunga karya first lady Merangin Hesti Haris.
    1-p1050354
  6. Kelenteng Kong Fuk Miau & Masjid Jamik – Bangka Barat  
    Di tengah berita tentang intoleransi beragama, sekulerisme dan penistaan agama, saya pergi ke Muntok, kota kecil di ujung barat pulau Bangka. Kota ini begitu bangga dengan masjid dan kelenteng yang dibangun bersebelahan. Tak ada pertikaian apalagi permusuhan antar agama.
    1-DSC05863
  7. Museum Arca Boyolali – Boyolali
    Sebagai pemuda berdarah Boyolali, saya agak malu mengakui tahun ini baru sempat berkunjung ke rumah arca Boyolali. Lokasinya di tengah-tengah taman kota dekat simpang lima Boyolali.
    1-dsc07222
  8. Museum Geopark Merangin – Merangin
    Saya turut berbangga hati karena Merangin rupanya dianugerahi fosil-fosil berusia jutaan tahun. Untuk mendukung promosi geopark Merangin sebagai warisan dunia UNESCO, dibangun museum yang cukup megah di pusat kota Bangko. Tepatnya di Jl. Syamsuddin Uban kota Bangko. Singgah ke Merangin datanglah ke Museum ini.
    DSC01788
  9. Museum Timah Indonesia – Bangka Barat
    Museum Timah Indonesia saya kunjungi dalam perjalanan keliling Bangka. Beruntung bisa datang ke museum beberapa saat sebelum museum tutup. Museumnya masih baru, displaynya menarik dan keren. Pemandunya cukup ramah.
    1-DSC05909
  10. Old City 3D Trick Art Museum – Semarang
    Museum 3D pertama di Semarang ini menampilkan foto-foto berukuran raksasa untuk berfoto selfie. Kalau kesini harus bawa kamera atau hp kamera. Nyesel kalo nggak foto-foto. Sayang jumlah latar fotonya tidak sebanyak di museum 3D Yogyakarta. Lokasinya di Kota Lama, tidak jauh dari gereja Blenduk.
    1-IMG_20160714_162144
  11. Pantai Tanjung Kalian – Bangka Barat 
    Selama di Jambi saya tidak pernah ke pantai. Karena memang tidak ada pantai di Jambi. Ada sih, tapi sudah diklaim milik provinsi sebelah hehehe. Begitu tiba di Bangka, hal pertama yang saya lakukan adalah bengong di pantai. Untungnya pantai Tanjung Kalian memiliki mercusuar. Saya bisa puas melihat suasana sekitar pantai dari atas menara.
    1-DSC05832
  12. Rumah Tuo Rantau Panjang – Merangin
    Sudah berulang-ulang saya singgah ke Rantau Panjang. Namun, tak pernah bosan rasanya bisa berkunjung ke kampung berusia ratusan tahun ini. Kebudayaan dan keramahtamahan warga asli suku Batin sangat terasa di desa ini. Membuat saya betah dan ogah pulang.
    DSC05145

    Selamat tahun baru. Semoga sukses untuk kita semua. Semoga tahun 2017 memberi kesuksesan kepada kita semua. Amien.
36 comments

Tinggalkan Balasan

