Ojo Lali Boyolali

 

dsc07413
Gapura selamat datang kabupaten Boyolali menuju Bandara Adi Soemarmo

dsc07238

pusat kota Boyolali

Selama ini saya lebih sering bercerita tentang Semarang, khususnya Ambarawa. Jarang sekali saya bercerita tentang Boyolali. Meski saya lahir dan besar di kota ini.

Setelah berkeluarga, saya mempunyai dua alamat tinggal. Rumah orang tua di Boyolali dan rumah mertua di Ambarawa.  Kalau mudik ke Jawa, saya akan menginap beberapa hari di Boyolali, lantas menginap di Ambarawa. Tempat sholat Ied saat Lebaran pun saya atur sedemikian rupa. Jika tahun ini saya dan istri sholat di Boyolali, tahun depan saya dan istri akan sholat di Ambarawa. Begitu seterusnya.

peta-jawa-tengah-lengkap-beserta-kabupaten-dan-kota
dapatkah kamu menemukan lokasi kabupaten Boyolali? Foto dari sini.

Sebagai sebuah kabupaten di Jawa Tengah. Nama Boyolali mungkin kurang terdengar. Walau berada di tengah-tengah dua kota besar; Solo dan Semarang. Bandara Adi Soemarmo Solo secara geografis terletak di kabupaten Boyolali. Gunung Merapi dan Merbabu adalah wisata alam andalan Boyolali.

dsc07416 

dsc07438
Waduk Cengklik, panorama di depan mata saat turun dan naik pesawat dari Bandara Adi Soemarmo

Era Orde Baru, Boyolali sempat mencuat ketika ada kasus penggusuran paksa rumah warga untuk dijadikan waduk Kedung Ombo. Warga yang menolak digusur diintimidasi oleh oknum aparat. Rumah mereka ditenggelamkan dengan paksa. Kejadian ini masih menimbulkan trauma sebagian warga. Sampai saat ini kasus ini masih berlarut-larut.

Tak heran, muncul penolakan terkait rencana pemindahan ibukota kabupaten dari Boyolali ke Mojosongo beberapa tahun yang lalu. Yang menghabiskan dana fantastis hingga ratusan miliar. Sebagian warga Boyolali menolak. Khususnya warga eks proyek waduk Kedung Ombo. Sayang, penguasa lebih memilih untuk meneruskan megaproyek pemindahan ibukota kabupaten ketimbang mendengarkan jeritan rakyat.

dsc07192
kantor bupati Boyolali nan megah

Boyolali selatan, dikaruniai tanah yang subur, infrastruktur dan jalan yang memadai. Pusat pemerintahan pun berada di selatan. Berbanding terbalik dengan Boyolali utara. Tanahnya kurang subur, sebagian berkapur. Sering dilanda kekeringan saat kemarau. Penduduknya pun tidak sebanyak di selatan. Paradoks lainnya, kondisi jalan di utara tidak sebaik di selatan.

Secara harfiah Boyolali terdiri dari dua kata bahasa Jawa : boyo yang sering dimaknai salah sebagai “buaya” dan lali berarti “lupa”. Padahal, secara historis dan mitologi Boyolali bermakna “jangan lupa”; bukan “buaya lupa”. Ada beberapa versi asal usul Boyolali. Kata guru saya Boyolali dinamai oleh Sunan Kalijaga, salah seorang penyebar Islam di Jawa.

Suatu saat Sunan Kalijaga hendak menyeberang sungai dalam perjalanannya menyebarkan agama Islam. Tiba di tepi sungai, Sunan Kalijaga dihadang gerombolan buaya. Beliau tidak bisa menyeberang karena lupa membawa tongkat. Dari kata “baya lali” yang bermakna “jangan lupa” ini kota Boyolali berasal.

Ada tiga hal yang menjadi identitas Boyolali. Susu, sapi dan soto. Susu dan sapi merupakan hasil perekonomian utama daerah ini. Setiap hari ribuan kilo daging segar dan ribuan liter susu perah disalurkan ke berbagai daerah. Di berbagai penjuru daerah terdapat patung sapi perah. Di pusat kota berdiri patung sapi raksasa dengan nama “Sapi Ndhekem” (sapi duduk).

dsc07199
patung sapi ndhekem

Sejarah Boyolali tak hanya soal asal usul namanya yang unik. Sejumlah peninggalan bersejarah ditemukan di daerah ini. Meski belum terlalu mengundang perhatian wisatawan. Mulai dari zaman Hindu-Buddha, Islam hingga masa kolonial. Sebut saja candi Lawang dan candi Sari di kecamatan Cepogo, beberapa petirtaan peninggalan kesultanan Surakarta di Banyudono, stasiun kereta api Telawa di  Juwangi yang merupakan satu-satunya stasiun kereta aktif di Boyolali. Terletak di jalur antara Semarang dan Solo. Peninggalan kolonial kebanyakan berada di pusat kota Boyolali. Seperti bekas rumah dinas bupati, kantor pengadilan agama, gereja dan taman kota.

Iklan

28 comments

  1. Keren mas kebetulan banget lg nyari2 infonya nice post.. terimakasih sudah berbagi. Kunjung jg ke blog sikribo
    cemilan bukan-bukan, bukan keripik bukan kerupuk tapi gurih dan renyahnya bukan main-main. Info order, agen, reseller dan dropship silah hub phone/WA 082250295001 (tras). http://www.sikribo.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s