Berburu Air Terjun Cantik di Merangin

Air puluhan kubik terjun ke bumi menghasilkan bunyi deburan laksana dentuman. Lokasinya yang berada di tengah kerimbunan, di tebing, di tepi sungai terkadang menciptakan aura magis, namun memesona siapapun yang melihat air terjun.

Mungkin tak banyak orang Indonesia yang tahu dimana itu Merangin. Merangin adalah nama kabupaten di pelosok Jambi yang beribukota di Bangko. Daerah yang saya tinggali saat ini.

jalur-3-abangdjouleKota Bangko
Foto oleh @abangdjoule

Tak banyak pula yang tahu jika Merangin menyimpan pesona alam yang luar biasa. Mulai dari gunung, danau, sungai, hutan adat. Merangin ibarat mutiara nan terbenam. Daerah ini memiliki segudang potensi wisata yang patut dikunjungi. 

Tipologi tanah yang berbukit-bukit dan dialiri sungai yang deras menjadikan Merangin dianugerahi banyak sekali air terjun.

Air terjun di Merangin ada yang lokasinya mudah dijangkau serta sudah dikelola dengan baik. Sebagian lagi belum terlalu diekspose sehingga masih sangat alami. Tercatat ada sekitar 30-an spot air terjun di seluruh Merangin. Yuk kita jelajahi air terjun cantik di Merangin.

1. Enteng Jodoh di Air Terjun Kolam Jodoh
kolam-jodoh-bangko-w_saputra25
Foto oleh @w_saputra25

Lokasinya tidak terlampau jauh dari kota Bangko. Hanya sekitar 30 menit dari Bangko. Tepatnya di dusun Teluk Wang, desa Biuku Tanjung, kecamatan Bangko. 

Dari tempat parkir menuju lokasi air terjun, pengunjung akan melewati jembatan besi yang melintasi sungai Batang Merangin yang cukup lebar. Disebut kolam jodoh karena di depan air terjun terjun terdapat kolam yang dipercaya bisa mendatangkan jodoh. Tak hanya itu, di kawasan sekitar air terjun ini telah ditetapkan sebagai salah satu situs Geopark Merangin sehingga banyak sekali ditemukan fosil-fosil flora berumur ratusan juta tahun lho. Tempat wisata ini telah dikelola dengan baik.

2. Niagara Mini di Air Terjun Muara Karing 
muara-karing-sgptour_jambi
Foto oleh @sgptour_jambi

Niagara mini, begitu julukan pengunjung air terjun Muara Karing.Terletak di pertemuan muara sungai Karing dengan sungai Batang Merangin. Masih di kawasan Geopark Merangin. Tepatnya di desa Markeh kecamatan Renah Pembarap.

Jalan menuju lokasi cukup menantang adrenalin karena masih berupa jalan tanah naik dan turun yang terkadang cukup menyulitkan pengguna sepeda motor dan mobil biasa.

3. Air Terjun Mini Simpang Manggis
sp-manggis-pl-rengas-razuva
Foto oleh @razuva

Air terjun seberapapun kecil debit airnya selalu memesona mata dan telinga manusia. Termasuk air terjun mini Simpang Manggis yang terletak di desa Pulau Rengas kecamatan Bangko Barat ini. Meski debitnya bisa dibilang mini, tempat ini sudah ramai dikunjungi wisatawan terutama muda-mudi. Dari kota Bangko bisa ditempuh selama lebih kurang setengah jam.

4. Ada Air Terjun Kembar Namanya Sungai Serik
sungai-serik-pulau-rengas-putri-lauda

Foto oleh @putri.lauda

Sesuai namanya, keunikan tempat ini memiliki dua buah air terjun kembar. Satu aliran airnya agak menyamping, satunya lagi lurus ke depan. Air terjun kembar ini masih berlokasi di desa Pulau Rengas, kecamatan Bangko Barat.

5. Air Terjun Bertingkat di Telun Air Batu
talun-batu-perentak-alkahfytheoaffarel
Foto oleh @alkahfytheoaffarel

Mari beranjak ke sebelah barat Merangin, tepatnya di desa Perentak kecamatan Pangkalan Jambu. Sekitar satu setengah jam perjalanan dari kota Bangko. Namanya telun atau air terjun Air Batu. Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan dengan tingkatan tertinggi memiliki ketinggian 100 meter.

6. Damai di Air Terjun Telalang Jaya 
telalang-jaya-telentam-tabir-barat-tiojhon12
Foto oleh @tiojhon12

Damai, begitulah satu kata untuk menyebut tempat ini. Berada di tempat yang cukup jauh membuat air terjun ini jarang dijamah manusia. Namanya air terjun Telalang Jaya. Berada di desa Telentam kecamatan Tabir Barat. Sekitar tiga jam perjalanan dari Bangko menyusuri tepian sungai Batang Tabir. Meski jauh, rasa capek setelah perjalanan jauh akan terbayar dengan keindahan air terjun Telalang Jaya.

7. Terpesona Air Terjun Sigerincing
sigerincing-tuo-nirwarna
Foto oleh @nirwarna

Sigerincing ibarat sepenggal nirwana di bumi Merangin. Dengan ketinggian 40 meter, air terjun ini sanggup membuat decak kagum siapapun yang melihatnya. Lokasinya berada di dusun Benteng desa Tuo. Di kaki gunung Masurai yang berhawa dingin. Dua jam perjalanan dari Bangko

8. Dukun Batuah yang Tidak Menakutkan
dukun-batuah-rantau-suli-melianarida
Foto oleh @melianarida

Dukun biasanya identik dengan klenik, mistis dan terkesan menyeramkan. Namun, dukun yang satu ini tidaklah menakutkan, melainkan sangat indah dan menyenangkan. Namanya Dukun Batuah. Sebuah air terjun di desa Rantau Suli kecamatan Jangkat Timur, masih di kaki gunung Masurai.

Air terjun ini adalah air terjun tertinggi di Merangin dengan ketinggian sekitar 70 meter. Perjalanan menuruni tebing menuju air terjun cukup menantang. Hati-hati menuruni jalan setapak yang terkadang licin. Rasa lelah akan terbayar melihat air terjun Dukun Batuah yang masih sangat alami.

9. Surga Tersembunyi : Air Terjun Lematang
lematang-tanjung-alam-fori-badria
Foto oleh @fori.badria

Menutup deretan air terjun cantik di Merangin, tak lengkap jika tidak menyebut Lematang. Air terjun ini cukup istimewa. Terdiri dari belasan tingkatan air terjun sebanyak 15 tingkat. Tingkat pertama 15 meter dan paling tinggi adalah tingkat ketujuh setinggi 70 meter.

Air terjun ini berlokasi di desa Tanjung Alam kecamatan Jangkat Timur. Di kaki gunung Masurai yang berhawa dingin. Masih sangat alami dan belum banyak dikunjungi orang.

Bagaimana Menuju Merangin?

Akses termudah mencapai Merangin adalah dengan pesawat dari Jakarta menuju beberapa kota di sekitar Bangko yang disinggahi pesawat. Bisa via Jambi, Muara Bungo atau Lubuk Linggau di Sumatera Selatan. Masing-masing jarak dari Bangko ke Jambi adalah 6 jam perjalanan darat. Bangko ke Muara Bungo 1,5 jam perjalanan dan Bangko ke Lubuk Linggau 3 jam perjalanan.

Jumlah penerbangan paling banyak adalah dari Jakarta ke Jambi. Sedangkan dari Jakarta ke Muara Bungo dan Lubuk Linggau dilayani oleh satu maskapai nasional.

Saat ini mungkin kamu sedang bingung dimana harus beli tiket pesawat. Nggak usah bingung-bingung karena sekarang sedang ada promo tiket pesawat dari tiket2Ini beneran lho promonya. Jadi intinya gini, tiket2 mempunyai fitur yang bernama Promo Flights Tracker. Fitur ini adalah aplikasi pencari yang bertugas mencari penerbangan promo bertarif budget. Keren banget ‘kan? Cukup dengan memasukkan alamat email, kamu berkesempatan meraih hadiah tiket gratis, potongan diskon dan lain-lain.

menangkan-tiket-gratis

Hah..tiket gratis?! Masa sih?
Iya, cukup share link kontes tiket pesawat gratis dari tiket2 lewat media sosial (bisa Facebook, Google+, twitter atau apapun) lalu ketikkan kata-kata Aku ingin pergi ke (nama kota tujuan) dengan hestek #Tiket2Indonesia”. Itu saja kok, simpel banget kan. Pemberitahuan pemenang tiket gratis akan dilakukan lewat email dan pengumuman di media sosial Tiket2 (Twitter, Facebook atau Google+) pada tanggal  18 November 2016.Info lebih lengkap bisa klik disini. Hayok buruan ikut sebelum telat!

screen-shot-2016-09-01-at-12-33-37-pm masih ada banyak promo ke kota-kota lain loh 😀

Tidak hanya itu, tiket2 yang merupakan situs perbandingan tiket pertama di Indonesia (sejak tahun 2010) memiliki beberapa kelebihan lain di antaranya :

Pilihan Penerbangan Terbanyak
Basis data yang dimiliki tiket2 adalah yang terbesar dan terlengkap meliputi maskapai, penerbangan, bandara, rute penerbangan dan lain-lain.

Jaminan Harga Termurah
Harga yang didapatkan sangat bersaing dibandingkan dengan situs lain yang sejenis. Sistem algoritma canggih tiket2 menjamin kamu akan menemukan harga tiket pesawat termurah untuk setiap penerbangan. Dijamin!

Tampilan Website yang User Friendly
Secara tampilan,website tiket2 cukup simpel dengan warna putih dipadu dengan warna pink magenta yang menyegarkan mata. Cara untuk memesan tiket pesawat juga simpel. Hanya butuh waktu 2 menit saja. Mulai dari memilih penerbangan, melakukan pembayaran hingga mendapatkan tiket. Tak perlu mencetak tiket, tiket elektonis akan dikirimkan melalui email. Praktis!

dfgfd.png

Situs mobile-nya juga serupa, user friendly juga. Tak perlu mendownload seperti situs lain. Cukup mengetik www.tiket2.com di browser dan kamu akan dibawa menuju tampilan situs tiket2. Langkah-langkah pembelian tiket juga sama seperti pembelian di web.

Pelayanan 24 Jam
Jika mengalami kendala dalam mengakses tiket2 atau masalah dalam pembelian tiket, customer service tiket2 bersiaga selama 24 jam setiap hari. Mereka siap membantu semua keluhan dan kesulitan pelanggan. Cukup menghubungi lewat nomor telepon (+62) 81 22444 0000. Mau pesan lewat telepon juga bisa! Tunggu apa lagi, segera rencanakan liburanmu bersama tiket2!

[adv]

Iklan

29 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s