Cenderamata Khas Bengkulu

Sentra oleh-oleh di kota Bengkulu terdapat di sepanjang Jalan Soekarno-Hatta yang merupakan salah satu jalan utama di kota ini. Di tempat ini pula terdapat rumah bersejarah yaitu tempat diasingkannya Bung Karno di Bengkulu pada tahun 1938 – 1942. Apa saja cenderamata khas Bengkulu?

Miniatur bunga Rafflesia
dsc00560
Rafflesia arnoldii merupakan bunga endemik dari Bengkulu. Pertama kali ditemukan pada tahun 1818 oleh Dr. Joseph Arnold di pedalaman hutan Rejang Lebong. Untuk menghormati  Thomas Stamford Raffles sang Gubernur Jenderal Inggris saat itu, bunga tersebut dinamakan Rafflesia arnoldii. Saat ini bunga rafflesia atau padma raksasa dijadikan identitas daerah provinsi Bengkulu.

Batik Besurek
dsc00556

Bengkulu juga mempunyai batik khas yaitu batik besurek. Besurek dalam bahasa Bengkulu berarti bersurat. Batik besurek diangkat dari kain tradisional Bengkulu yaitu kain besurek. Kain ini dulu hanya mempunyai satu warna dan memiliki motif huruf-huruf Arab. Dulunya besurek digunakan sebagai azimat. Sekarang kain besurek tampil lebih modis dengan kain warna-warni. Motif yang digunakan adalah huruf Arab dan bunga Rafflesia.

Miniatur Tabot
dsc00559
Tabot adalah upacara tradisional masyarakat kota Bengkulu yaitu ritual membuang anjungan yang berbentuk rangkaian susun menyusun menyerupai menara dengan ujung semakin tinggi. Tabot diadakan untuk mengenang gugurnya
 cucu Nabi Muhammad, Husein pada perang Karbala tanggal 10 Muharam. Festival Tabot diadakan di kota Bengkulu dari tanggal 1 sampai 10 Muharram setiap tahunnya secara meriah.

Miniatur Dol
dsc00561
Dol adalah alat musik perkusi tradisional Bengkulu. Berbentuk mirip gendang, tetapi wujudnya setengah lingkaran. Dibuat dari akar pohon kelapa dan ditutupi kulit sapi. Yuk..ke Bengkulu

Iklan

26 comments

  1. wah yang saya tahu Bengkulu lebih terkenal karena bunga raflesia-nya …. ternyata banyak hal menarik yang bisa jadi oleh2 …. bahkan saya baru tahu mengenai tabot … dasar kuper 😀

  2. wah aku nggak beli cinderamata di bengkulu cuma snack2 aja buat oleh2, apa harus ke sana lagi ya, tp ampun deh klo lewat darat nggak kuat jalannya yg berkelok-kelok, cuma ke bengkulu aku sampe mabuk darat selama perjalanan

  3. Loooh di Bengkulu ada batik juga ya mas? Tak kirain cuman di Jawa doang…
    Itu emang beneran namanya batik mas? Atau cuman sebutan doang?
    Baru tau soalnya, kalau di Bengkulu ada batik hehehe

  4. Saya tertarik dengan batik besureknya, hehe. Buat bahan baju sepertinya bagus banget, jadi kalau punya bisa menambah koleksi baju batik buat ke kantor, hihi. Ngomong-ngomong berhubung sekarang masih bulan Muharram jadi masih ada perayaan Tabot ya Mas? Penasaran euy seperti apa prosesi perayaannya, pastinya meriah banget ya. Bengkulu memang keren… mudah-mudahan ada kesempatan buat berkunjung ke sana, amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s