Review : Sembam Ikan Marola

Saya bingung ketika mencari referensi makanan khas Bengkulu. Ketika saya bertanya pada Andar, teman saya orang Palembang yang tinggal lama di Bengkulu, jawabannya sungguh absurd : pempek. Masa jauh-jauh ke Bengkulu makannnya pempek :p.

Atas rekomendasi om gugel, datanglah kami ke Sembam Ikan Marola. Rumah makan di tepi Pantai Panjang yang menyediakan masakan khas Bengkulu. Saya tidak ingat dimana lokasi persisnya. Pokoknya belok kiri belok kanan, tidak lama kami sampai di Marola. Sembam Ikan artinya adalah ikan bakar. Kata kasirnya, Marola berarti “orang yang menggantungkan hidupnya dari laut”. Hm..dalam sekali artinya.

Lokasinya tepat di tepi Pantai Panjang. Tempat makannya ada beberapa pondok kecil dan sebuah bangunan paling besar. Sambil menunggu pesanan datang, saya perhatikan banyak sekali foto pejabat dan artis dipasang di dinding. Menandakan kalau tempat ini banyak dikunjungi artis ketika berkunjung ke Bengkulu.

dsc00474

Di beberapa tempat dipasang beberapa ungkapan dalam bahasa Bengkulu. Kalau diperhatikan, kosakata bahasa Bengkulu mirip bahasa Palembang dan Minang. Beberapa kata bahasa Palembang seperti : mano (mana), lemak (enak). Kata-kata yang berasal dari Minang adalah pai (pergi), kecek (ngomong), cacek (cacat). Nah, tau kan arti ungkapan bahasa Bengkulu berikut ini?

picture1

Tak lama, pesanan kami datang. Bagar asam dan ikan bakar. Bagar asam adalah masakan khas Bengkulu mirip gulai ikan, tapi tanpa santan. Mirip asam padeh di Padang. Saya lupa jenis ikan apa yang dipakai. Konon, bagar asam adalah makanan favorit Bung Karno ketika diasingkan ke Bengkulu. Rasanya mantap dan segar di lidah. Ikan bakarnya lumayan. Sambal kecapnya pas. Tidak terlalu manis tapi juga tidak terlalu banyak cabai. Datang ke Bengkulu? Cobain bagar asam. Sepiring nasi panas dan bagar asam rasanya dijamin bikin ketagihan! Tambah mantap ditemani es kelapa muda..maknyuss!!

dsc00485 dsc00479

 

Iklan

14 comments

  1. Postingannya mengungkit rasa lapar, Mas. Suka sekali dengan peribahasa lokal. Ungkapan yang ketiga, promosi yang jos dibarengi kerendahhatian ya, ado cacek, kecek kek kami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s