Instagramable Bangko : Green Kandis vs Hesti’s Garden

Ada dua taman bunga yang sedang hits di kalangan anak alay anak muda Bangko. Rasanya belum sah menjadi anak gahol Bangko kalau belum pamer foto tempat ini di media sosial. Taman pertama berlokasi di dalam kota, masuknya berbayar. Taman kedua gratis tapi sayangnya berada jauh di luar kota. Tepatnya di kecamatan Jangkat. Daerah pegunungan sekitar tiga jam perjalanan dari Bangko.

Green Kandis: Awalnya Cuma Hobi
Berawal dari hobi berkebun pak Jajang, pria asli Bogor yang beristrikan asli Bangko, tercetuslah ide membuat kebun pembibitan anggrek. Seiring dengan permintaan tempat foto selfie anak muda Bangko, muncul ide untuk mengkomersialkan tempat ini. 

Taman ini letaknya di jalan Pattimura RT 13. Bisa dijangkau dari arah Stadion KONI atau SMP Negeri 4 Merangin. Dari arah SMP 4 lurus mengikuti jalan RA Kartini, lalu Pattimura, lewat perkebunan kelapa sawit. Taman ini berada di sebelah kiri jalan.

Dari arah simpang empat KONI, lurus saja mengikuti jalan hingga simpang tiga Dusun Mudo. Dari simpang ambil jalan menanjak di sebelah kanan. Jangan ambil jalan sebelah kiri yang mengarah ke Dusun Mudo. Dari arah ini, taman berada di sebelah kanan jalan.  

Setelah memarkirkan kendaraan, saya langsung masuk ke dalam taman. Tiket masuknya Rp 10.000,- perorang dan setiap pengunjung akan dimintai data nama dan alamat di buku tamu. Tidak ada tiket fisik. Balita tidak dikenakan tiket masuk sehingga anak saya masuk gratis. Semua pengunjung dipinjami topi anyaman untuk foto-foto kece.

1-p1040396

Bujang Upik Merangin : sang perempuan merupakan putri pemilik Taman Bunga ini, sekaligus duta wisata kab Merangin (Upik Merangin) tahun 2015

1-p1050250
kebun anggrek

1-p1040360

 

 1-p1050284

ada yang lagi foto prewedd

Sesuai namanya, di taman ini banyak sekali tanaman bunga. Taman ini relatif kecil dan sepintas tampak biasa. Meski kecil, kalau jeli ada puluhan spot untuk foto-foto kekinian. Tengok saja akun @GreenKandis di Instagram. Di antaranya di tanaman anggrek, di air mancur, di dalam pondok, di danau buatan, di dalam sampan, di dalam kebun bunga. Meski baru dibuka, taman ini ramai diserbu pengunjung berkamera dan bertongsis. Terutama saat sore hari.  

1-p1040488

Kalau mau makan, dari daftar menu ada beberapa makanan yang bisa dipesan seperti nasi goreng, mie instan, soto dan kentang goreng. Saya sendiri belum pernah mencoba makan disini.
1-p1040316
danau buatan

1-p1050295
bapak ini sedang mengumpulkan sampah yang dibuang seenaknya kedalam sungai

1-p1050283
daftar menunya

1-p1040317

banyak tanaman

1-p1040390
1-p1040486

 

 

 

 

 

Hesti’s Garden : Taman Kreasi Ibu Bupati 

Berawal dari kegalauan Hesnidar Haris atau Hesti, istri bupati Merangin melihat potensi bunga di Jangkat yang tidak termanfaatkan, muncul ide untuk membuat taman bunga di desa Muara Madras, tempat kelahirannya.

Ketika saya liburan ke Jangkat tahun lalu, taman bunga ini belum ada. Baru dibangun pada awal tahun ini. Lokasinya berada di tepi jalan Bangko-Jangkat. Persis di samping kantor Polsek Jangkat dan kantor camat Jangkat.

Ada sekitar 30 jenis bunga warna-warni ditanam membentuk pola tertentu. Tidak seperti Keukenhof yang hanya bisa dinikmati bunga saat musim semi, Hesti’s Garden bisa dikunjungi setiap hari karena bunganya mekar sepanjang tahun.

Luas taman sekitar satu hektar dan direncanakan akan diperluas lagi. Meski berada jauh di luar kota Bangko, taman ini ramai pengunjung. Asyiknya lagi, tidak dipungut biaya masuk. Pengunjung cukup membayar uang parkir saja. 

1-p1050381

1-p1050354

 


1-p1050377
1-p1050372 1-p1050368 1-p1050365 1-p1050356

Iklan

33 comments

  1. Semoga dengan ini anak-anak muda jadi lebih tertarik ke Bangko karena banyak tempat selfie, hahaha. 😀
    Tapi serius, Green Kandis dan Hesti’s Garden kalau dikelola dengan melibatkan anak-anak muda bisa jadi bakal mem-booming dan berpotensi mendongkrak perekonomian Bangko dan sekitarnya. Seenggaknya kota-kota di Jambi bisa menjadi sejahtera dengan potensinya masing-masing. 😀

  2. Wow mata orang kebun langsung terbelalak, keren banget terutama yang Hestis Garden dengan tanaman alaminya. Mas Isna mohon izin pinjam foto2nya siapa tahu jadi ide sahabat yang menangani kebun di Kopeng. Salam

  3. Wow kereeen. Waktu aku disana aku cuma bisa ke bukit apa tu kak yg di deket pasar bawah merangin. Suka duduk2 disana di malam hari, sudah lumayan sekedar melepas penat. Btw Hesti Gardennya bagus sekali, surprise juga bangko sudah punya taman yg cantik begini 😊

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s