Rekomendasi Penginapan di Sungai Penuh (Kerinci)

[bukan ADV]

Kota Sungai Penuh bagi sebagian masyarakat Indonesia masih terdengar asing. Pun, bagi sebagian masyarakat Sumatera. Warga Jambi sendiri menyebut Sungai Penuh dengan Kerinci, nama kabupaten ketimbang nama ibukota kabupaten Kerinci itu sendiri.

Dari arah Jambi, Sungai Penuh merupakan kota transit bagi wisatawan yang biasanya akan mendaki gunung Kerinci. Dianugerahi banyak wisata alam dan sejarah, Kerinci dan Sungai Penuh merupakan kota yang wajib disambangi jika berkunjung ke provinsi Jambi.

Dari belasan hotel di Kerinci, semua merupakan hotel melati. Semua hotel di Kerinci belum melayani pemesanan secara online. Namun, pemesanan kamar bisa dilakukan lewat telepon. Dua hotel pilihan untuk menginap di kota Sungai Penuh :

1.Hotel Kerinci

Berlokasi di pusat kota Sungai Penuh tepatnya di jalan Muradi No. 28 kelurahan Dusun Baru. Di tepi jalan arah ke Padang. Hanya berjalan lima menit dari tugu Adipura kota Sungai Penuh, Lapangan Merdeka dan pasar Tanjung Bajurai. Parkirnya mampu menampung sekitar 10 mobil. Untuk pembawa kendaraan roda dua, tempat parkir disediakan di halaman belakang.

Merupakan hotel terbaru di Sungai Penuh, tidak jarang kalau menginap harus pesan jauh-jauh hari karena sering penuh. Tersedia enam jenis kamar mulai dari Rp 120.000,- / malam (mini standar) hingga Rp 425.000,- / malam termasuk pajak. Kecuali mini standar, setiap kamar dilengkapi dengan tv lcd, air panas dan shower. Pendingin ruangan tersedia kipas angin atau ac dikamar superior hingga suite. Khusus kamar mini standar hanya terdapat ranjang tanpa dilengkapi dengan tv dan ac. Cocok untuk kantong traveler kelas budget. Meskipun tanpa ac, suasana tidak panas karena udara di Sungai Penuh sendiri sudah cukup dingin.

1-DSC05573

1-DSC05585

perbedaan fasilitas tiap kamar 

Harga hotel sudah termasuk sarapan pagi di restoran Danau Kerinci. Menu sarapan biasanya nasi purih/nasi goreng, sayur dan lauk ayam goreng, rendang daging atau telur goreng dan kerupuk. Sarapan ala western tersedia roti, mentega dan selai. Simple! Hotel tidak menyediakan makan siang dan malam.

Karena berada di pusat kota, pilihan untuk makan selain di hotel cukup banyak. Di depan hotel terdapat warung sate Madura yang buka tiap sore. Dekat dengan rumah makan Minang Soto, Kafe Mini (Kafe Bunda), sate Amir nan legendaris dan rumah makan Dendeng Batokok Siulak Deras (5 menit berjalan kaki), restoran cepat saji CFC (10 menit).

Kalau mau berbelanja oleh-oleh bisa berjalan kaki ke Plaza Arafah (10 menit), toko Nusantara (5 menit) dan berbagai minimarket yang terdapat di sepanjang jalan Muradi. Mau beli souvenir khas Kerinci? Tinggal ngesot ke Kerinci Merch yang berada tepat di seberang hotel.

Nilai plus hotel Kerinci yaitu berlokasi di dekat bukit Sentiong dan dari balkon di belakang hotel tampak panorama persawahan dan perbukitan. Jika cuaca cerah, di kejauhan tampak puncak gunung Kerinci. Kalau malam tampak kerlap-kerlip lampu kota.

Hotel Kerinci
Jl. Muradi No. 28 Dusun Baru, Sungai Penuh
(0748) 324459 / 324775

2. Hotel Mahkota Sutis

Yups, kamu tidak salah baca. Namanya memang Sutis, buka Suite apalagi Sutisna. Lokasinya di pinggiran kota, tepatnya di jalan Depati Parbo desa Koto Lebu. Sekitar 10 menit dari pusat kota Sungai Penuh naik kendaraan. Saya hanya sekali menginap di hotel ini karena hotel Kerinci sedang penuh dengan tamu.

Kamar yang tersedia mulai dari kelas ekonomi (Rp 120.000,-) hingga kelas suite (Rp 350.000) belum termasuk pajak 10%.

1-DSC055401-DSC05537

 

Hotel Mahkota menawarkan sarapan sederhana mirip hotel Kerinci. Poin plus dari hotel Mahkota yaitu adanya kolam renang dengan panorama bukit Semancik. Terdapat kolam renang dewasa dan dua kolam renang anak yang bisa dipakai cuma-cuma.

Rumah makan terdekat dari hotel yaitu rumah makan Danau Kaco, rumah makan Soto Semurup. Jika ingin berbelanja datang saja ke supermarket Hoya di depan SMAN 2 Sungai Penuh.

Hotel Mahkota Sutis
Jl Depati Parbo, Koto Lebu, Sungai Penuh
(0748) 21640 / 323984

Iklan

12 comments

  1. Terima kasih untuk informasinya, menurut bang Avant antara kedua hotel itu lebih nyaman kamar dan lingkungannya yg mana ya?

  2. sangat informatif. punya rencana traveling kesana dalam waktu dekat. kira2 tempat wisata apa saja yang dekat dengan hotel-hotel ini?

  3. Boleh nih hotel kalo ke Sungai Penuh. Kampung saya deket aja dari Sungai Penuh tapi belum pernah kesana.
    Orang kampung sayapun masih banyak kalo menyebut Sungai Penuh adalah Kerinci, hehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s