Kabut Berarak Danau Singkarak

Jodoh kadang seperti misteri. Tak bisa ditebak. Tak bisa dikira-kira. Destinasi wisata pun terkadang seperti jodoh. Pula tak bisa ditebak dengan pasti. halah

Setidaknya sudah dua kali menyambangi danau Singkarak. Mungkin lebih tepatnya melewatkan saat melakukan perjalanan pulang dari Bukittinggi ke Bangko. Namun, Singkarak belum berjodoh dengan saya.

1-2014-10-19 15.04.53Sebelum tiba di Singkarak, saya melewati Padang Panjang, kota kecil yang terkenal dengan Mifan : Dufan dan Taman Mini ala Sumbar-nya itu.

Mata saya sekilas menangkap sebuah bangunan kecil berwarna biru tua. Persediaan Air Diatas, Tahun 1913. Begitu tulisan yang sempat saya baca. Berarti di bangun pada zaman kolonial dan termasuk benda cagar budaya.

Menurut sumber ini, bangunan ini bernama Sumber Mata Air Kandang Di Tabek. Dibangun pada tahun 1913 sebagai sumber mata air bagi PDAM kota Padang Panjang. Airnya bersumber dari kaki gunung Marapi. Meski berusia lanjut, sumber air ini masih mampu mengalirkan air bersih sebesar 19,34 liter/detik bagi warga Padang Panjang dan sekitarnya.

Kembali ke laptop  danau Singkarak.

Danau ini merupakan danau terluas di Sumatera Barat. Terletak di kabupaten Solok dan Tanah Datar. Dari arah Padang Panjang, danau ini terletak di kanan jalan. Di sepanjang tepi danau masih bisa dijumpai jalur kereta api buatan kolonial yang menghubungkan kota Sawahlunto dengan Padang Panjang. 

Singkarak juga merupakan event tahunan balap sepeda internasional Tour de Singkarak.

Dua kali melintasi danau ini dua kali pula saya gagal mengabadikan keindahannya. Awan kelabu yang pekat membuat warna langit tak ada bedanya dengan warna danau. Putih, kelabu dan gelap. Mistis. Air yang tenang tak mirip danau. Menyerupai lautan malah. Saya baca buku Penunggu Puncak Ancala, masyarakat Singkarak mempercayai larangan mandi di danau setiap hari Jumat. Hari sial katanya.

Terlepas dari kisah mistisnya, sepertinya saya harus ke Singkarak lagi.

1-2014-10-19 15.54.32

 

1-2014-10-19 15.53.36
1-2014-10-19 15.53.59

Iklan

4 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s