A Drama Called “Famtrip”

“Bang, besok ada rombongan famtrip dari Jambi.”

maxresdefault

Sebait pesan bbm dari Dede’ seolah menjadi kado yang indah di awal tahun. Akhir tahun lalu jelang pergantian tahun saya sempat make a wish : bisa ikutan jalan-jalan gratis, media gathering, tur, trip atau apalah namanya di tahun 2016. Bukan jalan-jalan dibayari kantor sebagaimana kerjaan saya saat ini.

Saya gundah saat tahun lalu melewatkan kesempatan mengikuti famtrip yang diadakan dinas pariwisata pemerintah provinsi. Suatu pagi saat saya baca koran, rupanya famtrip tingkat provinsi telah dihelat beberapa hari sebelumnya di Merangin dan Kerinci.

Kali ini saya tidak mau kehilangan momen. Begitu mendengar info dari Dede’, saya putuskan untuk menjadi peserta famtrip kali ini. Saya bertanya ini itu kepada teman-teman yang telah mengikuti famtrip di provinsi lain. Hal-hal apa yang harus saya siapkan, sampai akhirnya sampai pada satu tips sederhana : membuat kartu nama. Kartu nama ini penting untuk menambah kawan dan jaringan.

Deadline pelaksanaan famtrip dari pemprov kurang dari satu minggu, saya membuat kartu nama di sebuah percetakan murah di Bangko. Satu kotak seharga delapan puluh ribu rupiah. Tetap lebih mahal ketimbang beli online.

Malam sabtu, saya persiapkan beberapa pakaian dan perlengkapan yang lain.

Sabtu siang saya naik ojek ke Museum Geopark Merangin. Masih sepi. Saya hubungi Dede’ ponselnya tidak ada jawaban. Beberapa saat datang Leo, Dede’ dan Geta, ketiganya adalah pemandu di museum. Sambil menunggu peserta lain datang, saya beranjak menuju warung bakso di Pasar Bawah.

Lepas mengisi perut dan sembahyang Zuhur, saya kembali ke museum. Olala, ada sebuah pemandangan yang membuat saya terkejut. Sebuah bus penumpang berkapasitas banyak bercokol di halaman museum. Pada badan bus dipasang spanduk bertuliskan famtrip disertai nama sebuah perusahaan di Jambi. Loh, kok, bukannya famtrip ini diadakan oleh dinas pariwisata pemprov Jambi?

-bersambung-

Foto dipinjam dari sini.

 

6 comments

Tinggalkan Balasan

