Masjid Kubah Emas Sarolangun

* SELAMAT DATANG DI DUNIA *

Boleh kan kalau saya ucapkan selamat datang kepada diri sendiri 🙂 Sekian lama saya tidak menulis karena alasan kesibukan pekerjaan yang tidak bisa saya tinggalkan. Oke, kali ini saya mau cerita tentang Sarolangun. Beberapa pekan lalu saya jalan-jalan kesana.

Sarolangun adalah kota kecil sekaligus ibukota Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Daerah pemekaran dari kabupaten Sarolangun Bangko. Sarolangun berjarak empat setengah jam dari Kota Jambi. Dari Bangko tempat saya tinggal jaraknya 75 km dan bisa dicapai sekitar 1,5 jam saja. Sekilas tidak ada yang terlalu istimewa dari kota ini. Sebuah kota kecil yang dibelah jalan lintas tengah Sumatera. Kota ini terletak di segitiga kota Jambi, Bangko dan Lubuk Linggau di Sumatera Selatan.

Sebagai daerah berpenduduk mayoritas Muslim, di kota ini dibangun sebuah masjid yang cukup megah. Letaknya di desa Bernai kecamatan Sarolangun. Dari arah Bangko terletak sebelum pasar Sarolangun sebelah kiri jalan. Sayangnya masjid ini terletak agak tersembunyi meski hanya berjarak sekitar 200 meter dari jalan utama.

Masjid As Sulthon

Dikenal dengan nama masjid kubah emas, nama aslinya adalah Masjid As Sulthon. Arsitekurnya mirip masjid di Timur Tengah. Biarpun namanya kubah emas, kubah masjid ini hanyalah dibuat dari logam yang dicat emas. “Emas” sendiri merupakan slogan provinsi Jambi yaitu Ekonomi Maju Aman dan Sejahtera. Slogan EMAS rupanya dipakai juga provinsi tetangga Sumatera Selatan tepatnya di Palembang. Bedanya disana EMAS berarti Elok Madani Aman dan Sejahtera. Masjid ini dibangun menelan biaya Rp 27 Miliar dan diresmikan oleh Menkokesra Agung Laksono pada tanggal 13 Agustus 2013. Saya hanya berkeliling di seputaran masjid. Masjid tidak dibuka jika tidak ada kegiatan ibadah.

 

 

 

 

3 comments

Tinggalkan Balasan

