Diguncang Sakit Pinggang

 
Ilustrasi, gambar dipinjam dari sini. 

Sekitar dua minggu yang lalu saya merasa nyeri di pinggang, tepatnya di bagian pinggang kiri, pinggang kanan atau di bagian pusar. Rasanya seperti ditekan-tekan, atau seperti kelaparan, tapi di bagian pinggang. Frekuensi pipis menjadi lebih sering. 

Sewaktu pergi ke dokter Hendra, dokter keluarga dekat kantor, saya mendapat keterangan yang cukup mencengangkan. Saya mempunyai ‘bakat’ penyakit asam lambung dan kencing batu! Katanya saya kurang minum dan terlalu sering makan pedas. 

Bekerja delapan jam sehari plus lembur sampai malam, sering duduk, jarang minum, malas berolahraga, sering makan nasi Padang yang pedas kemungkinan menjadi pemicunya. Saya patuhi nasihat dokter, minum obat penghancur batu (nephrolit), minum dua liter air putih setiap hari dan mengurangi makanan pedas.

Beberapa hari kemudian obat dari dokter Hendra sudah saya habiskan. Nyeri pinggang timbul kembali. Kali ini saya mencoba pergi ke dokter Dina S Purba di dekat rumah sakit. Oleh dokter Dina, saya disarankan untuk periksa USG di poli bedah rumah sakit umum. Duh…saya langsung ngeri seandainya *amit-amit kalau saya harus dibedah..

Hari Sabtu saya ke poli bedah, disuruh cek urin ke laboratorium. Hasilnya batu ginjal negatif, kencing darah negatif, tapi ada protein dalam urin saya. Kata petugas lab kemungkinan ada masalah dalam ginjal saya *stress *sedih. Saya belum bisa bertemu dengan dokter bedah, terpaksa harus balik lagi ke rumah sakit hari Senin.

Hari Senin saya mendaftar lagi di loket lalu dirujuk ke poli bedah. Kali ini saya bertemu dokternya. Hasil usg ginjal saya dalam keadaan baik, tetapi ada radang dalam saluran kemih. Kemungkinan karena kurang minum dan terlalu banyak duduk. Bisa juga karena virus. Saya boleh berobat jalan. Lega rasanya tidak harus dioperasi -_- Melihat aneka alat bedah di lemari poli bedah saja, saya sudah ngilu. Oya, saya juga dilarang makan jengkol seumur hidup!

PS : sakit pinggang bisa dicegah dengan minum 2 liter air sehari, banyak olahraga, tidak terlalu lama duduk dan menghindari jengkol.

8 comments

Tinggalkan Balasan

