Museum Zoologi

Museum ini sayang sekali untuk dilewatkan jika berkunjung ke kebun raya Bogor. Letaknya tidak jauh dari pintu masuk utama kebun raya. Tepatnya belok kiri dari simpang empat yang dekat dengan monumen Lady Raffles. Tiket masuknya gratis karena jadi satu dengan tiket kebun raya.

Adalah JC. Koningsberger, seorang ahli botani dari Jerman yang merintis pembangunan museum ini pada tahun 1894. Museum ini memiliki koleksi 954 spesies satwa. Diambil dari seluruh Indonesia. Terdiri dari mamalia, ikan, burung, reptil, amfibi, moluska (hewan bercangkang), serangga dan lain-lain.


burung punai dan ayam 😀


merpati, cenderawasih, punai


burung hantu dan burung kuau

Mamalia karnivora

 

Tidak perlu jauh-jauh ke Nusa Tenggara Timur untuk melihat komodo. Di museum ini telah ada si naga purba.

Koleksi andalan museum ini salah satunya adalah banteng Jawa dan badak Jawa. Badak ini merupakan badak satu-satunya yang terakhir hidup di luar taman nasional Ujung Kulon. Badak ini sengaja diburu oleh pihak museum pada tahun 1934 agar tidak jatuh ke tangan pemburu yang tidak bertanggung jawab.

banteng Jawa

Sejumlah koleksi hewan langka masih bisa dilihat seperti kerangka paus biru sepanjang 27 meter, dan aneka satwa lain yang bisa mengundang kekaguman dan sejuta kata wow. 😀


koleksi unik : ikan raksasa dan ikan pari bergerigi


ular sanca dan contoh kerangkanya

Meski museum ini terbilang bagus, kurangnya pencahayaan dan tidak adanya ac membuat saya agak kegerahan dan tidak betah berlama-lama didalamnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s