Jalan Jalan Jambi : Balairung Sari & Museum Siginjei

Habis dari rumah Abunjani kami menuju gedung Balairung Sari yang merupakan balai adat Melayu Jambi. Lokasinya persis di depan Kanwil Perbendaharaan Jambi. Tidak jauh dari rumah Abunjani. Tidak ada petugas yang berjaga hingga kami bebas foto-foto, meski hanya di bagian luar gedung. 🙂

FotoFoto
FotoFoto
FotoFoto

Di sebelah balai adat terdapat kantor MUI Provinsi Jambi. Di bagian depan gedung dipajang hiasan lambang kabupaten dan kota di provinsi Jambi.

FotoFotoFotoFotoFoto

Dari balai adat kami melangkahkan kaki menuju Museum Negeri Jambi yang juga tidak jauh. Hanya sepuluh menit berjalan kami sudah sampai di depan museum. Sebelum sampai museum saya sempat melihat spanduk pemilu. Sekilas biasa saja, namun sang calon legislatif berdandan laksana seorang putri dengan selendang dan mahkota 😀

Foto

Museum yang dulu dikenal dengan nama museum negeri Jambi rupanya sudah diganti namanya menjadi museum Siginjei. Siginjei diambil dari nama keris senjata pahlawan Jambi Sultan Thaha. Keris tersebut sekarang disimpan di Museum Nasional RI di Jakarta. Di museum sudah ada Tito, kawan mbak Fenni. Tito ikut bergabung dengan kami menjelajah isi museum.

FotoFotoFotoFoto
fosil kayu dari Merangin; peta timbul provinsi Jambi dengan gunung Kerinci
FotoFoto
gerobak kayu; mejeng di kafe museum
FotoFotoFoto
peta Sungai Penuh; arca kuno; batik Jambi 

Total, sudah tiga kali saya ke museum Jambi. Tidak ada perubahan berarti sejak kunjungan saya kesini beberapa bulan yang lalu. Wahana goa buatan yang gelap itu masih ada. Namun, kali ini saya berkesempatan menonton film dokumenter tentang sejarah provinsi  Jambi, meski hanya mulai bagian tengahnya saja.

Berikutnya, kami menuju tujuan terakhir yaitu ke Taman Budaya Jambi. Kami ingin menonton festival budaya dan pameran seni rupa dalam rangka Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia. Jarak ke taman budaya cukup jauh. Saya dan Fadli dibonceng Tito naik motor matic-nya melewati jalan alternatif.

Foto

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s