Cerita dari Pekanbaru – Jogja – Solo

Saya punya rencana untuk pulang kampung akhir bulan Mei kemarin. Ada acara nujuh bulan kehamilan istri. Kepindahan saya dari Sungai Penuh ke Bangko membuat saya harus mengatur ulang jadwal. Saya mau pulang naik pesawat lewat Pekanbaru mumpung ada promo Mandala. Awalnya mau ke Pekanbaru lewat Solok atau Bukittinggi. Akhirnya saya harus merubah rute lewat Bangko.

Pagi-pagi saya sudah berdiri di jalan lintas Sumatera sebelum pasar Bangko. Semua bus lintas tengah Sumatera tujuan Medan atau Padang pasti melewati Bangko. Sekitar setengah jam menunggu datang sebuah bus berwarna biru kehijauan bertuliskan Aceh-Medan-Jakarta-Solo. Segera saya stop. Rupanya benar bus ini melewati Pekanbaru.

PM TOH, demikian nama bus itu. Mengingatkan saya pada nama seorang artis pendongeng asal Aceh. Saya cukup membayar Rp 100.000,- sampai Pekanbaru. Jika naik mobil travel ongkosnya bisa dua kali lipat. Sayangnya bus ini bergerak cukup lamban. Mungkin karena mesinnya sudah tua dan terlalu banyak muatan di atas atap bus. Saya sendiri agak kepanasan karena bus ini tidak pakai ac.

Singkatnya, perjalanan Bangko-Pekanbaru yang normalnya sembilan jam harus saya tempuh lima belas jam. -_- Capek badan dan pikiran saya. Saya ingat dulu pernah ke Pekanbaru naik Medan Jaya dengan waktu tempuh sembilan jam saja.

Tepat tengah malam saya baru tiba di simpang Arhanud, Pekanbaru. Saya dijemput bang Sandy, kawan CS yang dulu pernah main ke Sungai Penuh. Lalu saya diantar ke rumahnya di Pandau. Sampai rumahnya saya nonton tv sebentar baru tidur.

Jam enam pagi saya bangun dan bersiap-siap. Dengan bekal sarapan seadanya saya diantar bang Sandy ke bandara. Tidak sampai lima belas menit saya sudah sampai di bandara.

Matahari baru merekah ketika saya melangkahkan kaki ke lantai dua bandara untuk check in. Bandara ini jauh lebih bagus daripada dua tahun yang lalu saat saya masih sering bertugas ke Pekanbaru. Dana miliaran rupiah dihabiskan untuk mempercantik bandara ini demi ajang PON Tahun 2012 di Pekanbaru. Tidak heran bandara ini dinobatkan menjadi bandara terbaik tahun 2012.

Pesawat saya RI-172 akan take off sekitar jam delapan pagi. Ini pertama kalinya naik Mandala sejak berganti manajemen dengan nama baru Tiger Mandala. Tidak ada masalah selama dalam penerbangan dua jam ke Jogja. Pelayanan dari pramugari juga bagus. Akhirnya saya mendarat selamat di bandara Adi Sutjipto.

Saya langkahkan kaki menuju stasiun Maguwo yang persis berada di depan stasiun. Lalu saya membeli tiket kereta Prameks tujuan Solo. Cukup murah harganya yaitu Rp 10.000,- saja. Selain itu saya ada janji dengan Sekar dan Rendy, kawan dari komunitas postcrossing yang tinggal di Jogja. Sambil menunggu mereka datang saya putar-putar di sekeliling stasiun

Sekitar lima belas menit kemudian Rendy datang. Sekar tidak jadi datang karena harus kuliah. Ini pertemuan pertama saya dengan Rendy. Rupanya Rendy orangnya kalem dan lebih pendiam dari yang saya pikir. Tidak terlalu lama kami ngobrol. Kami saling bertukar kartu pos dan oleh-oleh. Saya memberi gelamai Bangko dan sebaliknya Rendy memberi saya gudeg Jogja. Terimakasih Rendy!

Rendy menemani saya hingga kereta Prameks tujuan Solo datang. Beruntung saya masih dapat tempat duduk di dalam kereta. Ini pertama kalinya saya naik Prameks. Prameks hanya berhenti di stasiun Klaten. Selanjutnya saya turun di stasiun Purwosari, Solo. Jarak Jogja-Solo hanya saya tempuh selama satu jam.

Turun di Purwosari saya buka nasi gudeg dari Rendy sebagai menu makan siang. Isinya nasi dilengkapi oseng telur, sambal krecek dan tentu saja sayur gudeg. Nyam nyam. Enak sekali. Duh,  rasanya sudah lama sekali saya tidak makan gudeg.Foto

Setelah perut kenyang baru saya keluar stasiun menuju simpang Kerten. Dari situ saya masih harus naik bus dua kali menuju arah Semarang. Pertama naik bus kota menuju terminal Kartosuro lalu disambung bus besar jurusan Semarang.

nama jalan di Solo; peta wisata per kelurahan