Taman Mini, Tidak Cukup Lima Kali

 Jika dihitung, maka sudah lima kali saya mengunjungi taman mini. Ngapain aja disana? Wah..banyak sekali yang bisa dilakukan dan dilihat disana. Pertama kali ke taman mini lebih fokus melihat anjungan daerah tiap provinsi di Indonesia. Sayangnya tidak semua anjungan buka.


Pintu utama Taman Mini dan Nitra, hanoman putih simbol Taman Mini

Oya, di Taman Mini dibangun sebuah anjungan khusus untuk warga keturunan Tionghoa. Kabarnya sempat mau dibuat rumah adat Tiongkok. Namun, warga Tionghoa akhirnya menghendaki adanya taman bernuansa Tiongkok saja.


Taman Tionghoa

Kali ke dua adalah waktu IMMSU Sumatera Utara, organisasi di kampus mau bikin pameran di kampus yang bernama Heritage and Organda Expo. Kami memerlukan datang ke Taman Mini untuk memeperoleh informasi model rumah adat berbagai suku di Sumatera Utara.


Tugu Pancasila

Selanjutnya yang ketiga kalinya saya ke Taman Mini adalah saat menemani adik saya jalan-jalan ke Jakarta. Adik saya kurang suka melihat-lihat rumah adat, melainkan lebih tertarik mengunjungi museum transportasi dan pusat peragaan IPTEK.


Pulau Sulawesi di miniatur kepulauan Indonesia

Kedatangan saya yang keempat di Taman Mini waktu hari Senin. Banyak sekali anjungan daerah dan museum yang tutup. Saya hanya berkeliling saja. Rupanya ada satu museum yang buka yaitu museum Indonesia. Masuklah saya ke museum itu daripada kecewa banyak tempat yang tutup.

Saya paling senang kalo datang ke Taman Mini dan sedang digelar pertunjukan kesenian daerah di masing-masing anjungan. Seperti keliling Indonesia dalam satu waktu.


Tarian adat Betawi

Terakhir berkunjung ke Taman Mini adalah saat ada tugas kantor ke Jakarta. Saya sempatkan ke museum purna bhakti pertiwi, museum keprajuritan, museum perangko dan mengunjungi beberapa anjungan daerah yang belum sempat saya masuki. Sampai saat ini, saya belum berhasil masuk ke anjungan Kalimantan Selatan!


Istana Anak-anak

Iklan

12 comments

    • iya … tapi anehnya malah kaya bangunan luar negeri, sama sekali nggk ada unsur indonesianya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s