Bermain Sambil Belajar di PP IPTEK

Saya pertama kali mendengar PP IPTEK dari sebuah acara tv bernama Indosat Galileo yang sering saya tonton waktu saya masih duduk di bangku SD. Lebih dari sepuluh tahun kemudian saya baru berkesempatan melihat dari dekat PP IPTEK yang berlokasi di kompleks Taman Mini Indonesia Indah. Tepatnya berada di sebelah barat monumen Gerakan Non Blok.

PP IPTEK dirintis oleh Menristek saat itu BJ Habibie pada tahun 1984. Cikal bakal PP IPTEK adalah saat dibukanya pameran peragaan IPA di istana anak-anak TMII. Seiring dengan animo masyarakat yang tinggi, diresmikan PP IPTEK pada tahun 1991. Sekarang PP IPTEK dikelola oleh Kementerian Riset dan Teknologi RI.


monumen DNA

Saya mengunjungi PP IPTEK bersama Angga adik saya. DI luar gedung terdapat monumen DNA sebagai asal usul kehidupan. Setelah membeli tiket, kami langsung mencoba alat pertama yaitu parabola berbisik. Cukup berbisik di antara dua parabola saya bisa mendengar suara adik saya yang berdiri cukup jauh dari saya. Mirip dengan permainan telepon kawat jaman saya kecil. Prinsipnya adalah suara bisa dihantarkan lewat udara.

Gedung PP IPTEK terdiri dari tiga lantai yang terdiri dari lebih dari 300 alat peraga dalam empat belas wahana. Antara lain antariksa, lingkungan, energi, fluida, gelombang, listrik dan magnet, mekanika, optik, transportasi darat, transportasi udara, arena peneliti cilik, matematika, penyakit dan kesehatan dan galeri Plato. Masuk ke dalam lobi, kami terkagum-kagum dengan model ban pesawat Airbus 300 sumbangan dari Garuda. Besar sekali yah ๐Ÿ™‚

Selanjutnya adalah ruangan yang bernama galeri Plato. Disini dipajang patung setengah badan para ilmuwan dan penemu di bidang sains, Dilengkapi dengan deskripsi singkat mengenai kisah hidup dan jasa-jasa mereka bagi dunia sains. Mulai dari ilmuwan kuno Archimedes, Nicolaus Copernicus hingga Albert Einstein.


bersama Albert Einstein

Selanjutnya kami mencoba berbagai alat peraga yang sangat memicu rasa penasaran kami. Terlalu banyak permainan asyik yang bisa dicoba yang tidak habis dalam satu hari. Saya saja karena sibuk mencoba berbagai alat peraga hingga tidak sempat mengambil banyak foto. Sayang, beberapa alat peraga tidak bisa dicoba karena sedang dalam perbaikan.


simulator mobil balap

Ilusi mata adalah salah satu bagian favorit saya. Mata rupanya bisa terkecoh dengan berbagai fenomena dalam IPTEK. Seperti di bawah ini. Seolah-olah kepala Angga terpancung…hiii. Padahal ini hanyalah tipuan mata saja.


ilusi mata


bayangan ganda

Tidak hanya peragaan indoor, PP IPTEK juga menyediakan pameran IPTEK secara outdoor. Saat itu kami berkesempatan melihat demonstrasi sistem kerja roket dengan menggunakan air di halaman samping gedung. Anak-anak sangat antusias melihat peragaan ini sambil tidak hentinya berdecak kagum.

Jadwal peragaan outdoor di PP IPTEK; silakan klik di tab lain untuk keterangan lebih jelas

Tempat ini saya rekomendasikan bagi Anda yang ingin mengenalkan ilmu alam kepada anak-anak dengan pola prinsip belajar sambil bermain. Tentu saja karena belajar sambil langsung praktek itu lebih menyenangkan dan akan mudah diingat ๐Ÿ™‚

PP IPTEK Taman Mini Indonesia Indah
Buka :
Senin – Jumat : 08.30 โ€“ 16.30
Sabtu – Minggu : 08.30 โ€“ 17.00 WIB
Tiket : rata-rata Rp 16.500,- /orang
Situs Web : http://ppiptek.ristek.go.id/media.php?module=home

4 comments

Tinggalkan Balasan

