Jalan-jalan ke Ragunan

Bosan jalan-jalan sendirian, saya mengajak Rizal kawan saya ke kebun binatang Ragunan. Dari kosan di Bintaro, saya naik angkot menuju Lebak Bulus lalu disambung angkot jurusan Ragunan.Rupanya angkot tidak berhenti di depan pintu gerbang, melainkan seratus meter dari pintu barat.

Setelah membayar tiket masuk, kami segera melenggang ke dalam kebun binatang. Objek wisata ini sangat ramai dikunjungi warga karena tiketnya yang murah hanya Rp 4.500,-. Udara di dalam cukup segar karena banyak pepohonan. Tempat ini merupakan kebun binatang tertua di Indonesia. Didirikan pada tahun 1864. Awalnya kebun binatang ini dibangun di Cikini, baru tahun 1964 dipindah ke Ragunan.

Tempat pertama yang kami tuju adalah pusat primata Schmutzer yang luas sekali. Melihat seluk beluk aneka primata yang dipelihara menyerupai tempat aslinya. Tiket masuk Schmutzer Rp 5.000,- Cukup lama kami disitu, lalu beralih melihat koleksi satwa di luar Schmutzer.

Hewan pertama yang kami lihat adalah komodo, hewan endemik dari Nusa Tenggara Timur. Naga raksasa ini sedang bermalas-malasan di antara semak. Menyulitkan saya untuk mengamati binatang purba ini dari dekat. 


komodo

Selanjutnya ada sekelompok mamalia seperti rusa dari India, kanguru dari Australia, si leher panjang, unta dari Timur Tengah dan gajah Asia yang kandangnya berdekatan. Gajah dan unta ini bisa ditunggani saat hari libur.

Selanjutnya terdapat aneka burung seperti bangau, elang bondol dan pelikan. Elang bondol adalah satwa khas DKI Jakarta bersama dengan salak Condet sebagai flora khasnya. Elang berwarna putih dan cokelat ini sudah amat jarang ditemui di Jakarta.

Kandang Elang Bondol (Haliastur indus) Kebun Binatang Ragunan, dengan bulu berwarna coklat kemerahan, sedangkan bulu kepala dan lehernya berwarna putih.

Bergerak ke kandang lain terdapat harimau, singa, beruang dan macan tutul dari Afrika. Hewan ini sedang bermalas-malasan di kandang. Demi kemanan pengunjung, pagar kandang hewan ini dibuat tinggi disertai dengan kolam pemisah berbentuk melingkar.

Selanjutnya ada kelompok ular yang ditaruh dalam kandang berkaca. Di bagian lain saya melihat kuda nil yang sedang berkubang di kolam. Masih banyak lagi hewan-hewan di kebun binatang ini yang sayang untuk dilewatkan hehehe. Datang dan saksikan sendiri.

Meski beberapa tempat tampak penuh oleh sampah. Berada di Ragunan yang terdapat banyak pepohonan sangat menyegarkan untuk paru-paru warga ibukota.


danau di kebun binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan
Jl. Margasatwa, Ragunan, Jakarta Selata
Buka
Setiap hari : 09.00 – 18.00
Tiket :
Dewasa : Rp 4.000 dewasa
Anak : Rp 3.000
Asuransi Rp.500
Rombongan minimum 30 orang tarif 75% dari tiket normal.

Iklan

5 comments

  1. saya udah nggak di bintaro lagi bu hehehe … postingan yg jakarta saya buat ini sebenarnya udah beberapa tahun yg lalu jalan2nya hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s