Tips : Memotret Makanan dengan Kamera Saku

Menggambar adalah salah satu hobi saya. Ketika saya beranjak dewasa, kegemaran ini mulai surut dan berganti menggambar dengan kamera atau memotret. Hobi memotret tumbuh seiring dengan hobi saya jalan-jalan. Awalnya memakai kamera saku, lalu beranjak ke kamera semi profesional punya kantor lalu kembali ke kamera saku karena praktis.

Saya merasa sayang kalau harus membeli kamera profesional. Disamping harganya tidak sedikit, berat dan merepotkan, serta takut hilang karena saya agak ceroboh. Namun, bukan berarti saya tidak mempunyai cita-cita mempunyai kamera bagus. Keinginan itu ada tetapi selalu terkalahkan oleh ‘kebutuhan’ akan jalan-jalan hehe.

Punya kamera saku bukan berarti tidak bisa memotret sebagus kamera profesional loh. Ada beberapa trik yang bisa dipakai. Salah satunya komposisi. Komposisi atau susunan benda adalah hal yang bisa dimaksimalkan dari dari kamera saku, mengingat kamera ini tidak mempunyai pengaturan POI, exposure, cahaya seperti di kamera pro.Β 

Ada hal yang di luar dugaan waktu saya memotret aneka makanan di bawah ini. Hasil yang saya dapat di luar harapan saya. Efek tekstur dan bokeh-nya dapat. Apa itu bokeh? Bokeh itu bukan bokep gampangnya begini menurut hemat saya, mengatur mana objek yang diperjelas dan mana objek yang dikaburkan. Fitur ini biasanya hanya ada di kamera pro.

Saat memotret makanan di sebuah rumah makan, saya sengaja mengambil sudut rendah dekat dengan makanan untuk mendapat efek bokeh. Jika mengambil foto tegak lurus dari atas maka tampilan foto akan menjadi autofokus tanpa bokeh. Settingan yang saya pakai adalah supermakro. Seperti ini hasilnya.

Namun, karena kurang stabil waktu mengambil gambar. Dua foto di bawah ini agak sedikit kabur waktu dilihat di komputer. Kestabilan tangan waktu menekan tombol shutter sangat diperlukan disini.


gagal


gagal

Selamat mencoba πŸ™‚

Lokasi : RM Sari Manggis – Sungai Penuh
Kamera : Sony Cyber-shot DSC W110
Mode : Auto adjusment – Makro : very close subject

6 comments

  1. Waaahhh jadi tertarik mengeksplor kamera poket sendiri nih, kebetulan jg pake sony cyber shoot, tp yg tipe w510 πŸ™‚

    *cari2 auto supermakro*

Tinggalkan Balasan

