Belajar Memotret : Mendung

Berburu adalah hal yang mengasyikkan. Sama seperti berburu binatang, dalam berburu foto belum tentu kita dapat menemukan foto yang ciamik. Faktor cuaca dan momen amat menentukan hasil foto. Hari Minggu kemarin saya keliling keluar masuk kampung untuk menemukan momen dalam bentuk foto. Ada yang bagus dan ada yang dibawah harapan. Terlebih di akhir perjalanan mendung menerpa. Hasil foto saya sebagian buruk dan sebagian malah di atas ekspektasi saya πŸ˜€

Tempat pertama yang saya datangi adalah jembatan layang di Tanah Kampung, sebelah selatan kota Sungai Penuh.


Jembatan Layang Tanah Kampung

Saya cukup puas dengan foto pertama (kiri), tetapi kurang puas dengan hasil foto kedua dan ketiga. Foto di tengah tampak terpotong di sisi kirinya sedangkan foto sebelah kanan tampak ada sampah yang mengganggu keseimbangan foto.


jalan lama di samping jembatan

Dari Tanah Kampung saya menuju desa Cupak di kecamatan Danau Kerinci. Awalnya ingin melihat umoh laheik rumah adat khas Kerinci. Namun, di sepanjang jalan desa Cupak saya tidak menemukan rumah dimaksud. Di simpang tiga desa Simpang Empat saya belok kanan ke arah desa Koto Iman. Awan kelabu mulai menghiasi langit Kerinci. Alih-alih mendapat hasil foto jelek, foto yang saya dapatkan ternyata cukup dramatis πŸ™‚


kuning dan biru


awan yang dramatis πŸ™‚

Lanjut ke desa Sebukar, awan yang tadinya kelabu mulai menghitam. Komposisi gambar yang sebenarnya bagus menjadi tidak berarti karena tertutup mendung.


sawah di desa Sebukar


mendung

Ketika kembali ke Sungai Penuh, tepatnya di desa Baru Debai awan kembali sempurna. Cerah. πŸ˜€

Desa terakhir yang saya sambangi adalah Tanjung Pauh Mudik. Lagi-lagi cuaca berubah menjadi mendung. Namun, perpaduan warna biru, kelabu, putih dan hitam menjadikan saya cukup puas dengan hasil foto yang saya bidik.

Bonus di akhir perjalanan, kincir air …

Kamera : SonyΒ  Cyber-shot DSC W110

5 comments

Tinggalkan Balasan

