Momong Bocah : Taman Pintar

Tiap pulang kampung biasanya saya mengajak kemenakan dan adik-adik liburan. Kali ini saya mengajak mereka ke Taman Pintar Yogyakarta, lokasinya tidak jauh dari benteng Vredeburg. Tepatnya di jalan Panembahan Senopati.

Taman Pintar adalah wahana rekreasi yang mengajarkan kepada anak-anak dan pelajar cara belajar sambil bermain. Mulai dibangun bertahap sejak tahun 2004 dan selesai tahun 2008. Ada beberapa bangunan di Taman Pintar, mulai dari gedung PAUD, gedung oval, gedung kotak dan gedung memorabilia.


gerbang Taman Pintar dan Desaku Permai

Wahana pertama yang bisa dilihat adalah Desaku Permai. Replika alam pedesaan berupa rumah bambu yang dilengkapi pohon bambu, patung petani, kerbau dan alat-alat pertanian. Membawa saya kembali ke suasana desa. Selanjutnya ada halaman memorabilia untuk para pelajar berprestasi di kota Yogyakarta.

Di depan gedung oval terdapat air mancur yang mengeluarkan air secara berkala. Sebelumnya kami melihat di monumen tanda tangan dan tapak kaki gubernur DIY dan seluruh presiden Indonesia. Di ujung air mancur terdapat gong yang bernama Gong Perdamaian Nusantara. Pada badan gong dicantumkan lambang agama, provinsi dan kabupaten kota seluruh Indonesia.


tapak kaki Bung Karno, air mancur dan gong perdamaian

Di halaman gedung oval terdapat berbagai permainan mengandung muatan sains yang bisa dicoba secara gratis. Antara lain parabola berbisik, cakram warna, dinding berdendang (aneka dram), pipa bercerita, rumah pohon dan istana pasir. Di dekatnya terdapat gedung PAUD khusus untuk anak usia dua hingga tujuh tahun.

Bangunan pertama yang kami masuki adalah gedung oval. Berupa gedung pameran permanen berlantai dua yang menyajikan aneka pengetahuan dan berbagai permainan edukatif di bidang sains dan budaya. Tiket masuknya Rp 5.000,- untuk anak dan Rp 10.000,- untuk dewasa.


replika dinosaurus, mobil dan contoh ekosistem

Pertama kali ada penjelasan tentang kehidupan prasejarah. Lengkap dengan replika dinosaurus yang kepalanya bisa bergerak dan mengeluarkan suara gemuruh. Intan adik perempuan saya agak ketakutan melihat ‘dinosaurus’ ini. Lalu ada model alat-alat transportasi dan contoh-contoh ekosistem atau lingkungan.

Di lantai dua bisa dijumpai banyak sekali alat peragaan tentang astronomi, geografi, fisika, matematika dan biologi. Salah satu yang cukup diminati pengunjung adalah simulasi rumah gempa. Ketika berada di dalam rumah model, saya bisa merasakan bagaimana rasanya diguncang gempa. Setiap alat peraga disini cukup mampu menarik rasa penasaran saya untuk mencoba hampir semua alat peraga. Di kursi paku, Intan cukup berani untuk duduk di atas kursi dari paku!


simulasi gempa, sistem peredaran darah, kursi paku, model sistem rangka

Bagian terakhir gedung oval adalah pameran budaya. Disini pengunjung diperkenalkan dengan peralatan seni dan budaya khususnya Jawa. Ada contoh jenis-jenis wayang, keris, miniatur candi dan ada satu set gamelan interaktif yang boleh dimainkan oleh pengunjung. Sangat menarik!


miniatur Borobudur, wayang kulit raksasa dan gunungan

Selesai berkeliling di gedung oval kami beranjak ke gedung kotak. Gedung yang sedianya dipakai sebagai ruang pameran temporer ini rupanya sedang direnovasi. Kabarnya di dalamnya terdapat stasiun radio dan teater empat dimensi.

Tidak bisa masuk ke gedung kotak, kami menuju ke gedung memorabilia. Tiket masuknya Rp 1.000,- dan Rp 2.000,-. Gedung kecil ini memajang foto dan benda kenang-kenangan setiap presiden di Indonesia. Disini juga ditampilkan maket keraton Kasultanan Yogyakarta dan foto prajurit keraton.


maket keraton Yogyakarta, foto prajurit keraton dan foto SBY 🙂

Taman Pintar sangat saya rekomendasikan untuk dikunjungi oleh seluruh keluarga. Bukan hanya menyenangkan tetapi juga sangat menambah pengetahuan.


bukan patung melainkan bak sampah 🙂

Taman Pintar
Buka :

Selasa – Jumat : pukul 09.00 -16.00
Sabtu – Minggu : pukul pk 08.30 – 20.00
Senin tutup (kecuali hari libur sekolah dan)
Harga Tiket
Halaman bermain : gratis
Gedung PAUD: Rp 500,- / khusus anak-anak umur 2 s.d 7 tahun
Gedung Oval & Kotak : Rp. 5.000,- (anak), Rp 10.000,- (dewasa)
Gedung Memorabilia : Rp 1.000,- (anak), Rp 2.000,- (dewasa)
Teater 3D : Rp 15.000,- / orang

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s