Tur Malam Lawang Sewu

 Adalah sebuah kebetulan dan ketidaksengajaan awalnya sebelum saya memutuskan untuk bergabung dengan kawan-kawan mengikuti tur malam Lawang Sewu di Semarang. Acara saya di Semarang saat itu hanya ingin menonton film di bioskop. Lewat facebook, saya tahu bahwa kawan-kawan di dunia maya juga sedang di Semarang dan sedang berada di mall yang sama dengan saya. Langsung saja kami ketemuan dan makan malam bersama. Setelah makan muncul ide liar untuk menjelajah Lawang Sewu. Agak ragu awalnya karena reputasi Lawang Sewu sebagai tempat yang seram. Namun, akhirnya saya mengikuti ajakan mereka.

 
lokomotif kuno di depan Lawang Sewu

Dari mall kami naik motor ke Lawang Sewu di dekat Tugu Muda. Pengunjung tidak diperbolehkan menjelajah Lawang Sewu sendirian. Melainkan harus ditemani pemandu. Tarifnya bisa dinegosiasikan.

Lawang Sewu merupakan gedung yang dibangun oleh perusahaan perkeretaapian Belanda pada tahun 1904 hingga 1907. Nama Lawang Sewu yang artinya pintu seribu diberikan oleh warga Semarang karena jumlah pintu dan jendelanya banyak sekali. Nama Lawang Sewu mencuat setelah dijadikan lokasi uji nyali sebuah tv swasta dan diangkat ke layar lebar. Sekarang gedung ini dikuasai oleh PT KAI dan dibiarkan kosong.

Bersama pemandu, kami diajak menjelajahi beberapa ruang di Lawang Sewu. Mulai dari ruang direktur, ruang pekerja, hingga aula yang terletak di lantai paling atas. Tidak ketinggalan kami diceritakan berbagai kisah mistis di balik setiap ruangan disini. Suasana yang hening semakin mencekam. Bulu kuduk saya merinding hebat. Husni, salah satu kawan saya merasa tengkuknya dipegang oleh seseorang. Tidak heran karena di tempat ini ribuan pemuda Indonesia dibantai tentara Jepang dalam perang pasca kemerdekaan.

tangga utama yang muncul di film Ayat Ayat Cinta

Kami ditawari oleh pemandu untuk menjelajahi ruang bawah tanah Lawang Sewu. Demi teringat penampakan kuntilanak di acara Dunia Lain, tidak ada satupun dari kami yang berminat untuk melanjutkan tur di ruang bawah tanah. Cukuplah tur malam ini berakhir sampai disini. Untuk pencari tantangan, tur malam Lawang Sewu harus dicoba.

fenomena orbs di halaman Lawang Sewu

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s