Jelajah Lawang Sewu

 Bersama Indra, saya berkunjung ke Lawang Sewu lagi. Tidak ada kesan seram seperti kunjungan saya pertama waktu malam hari. Suasana sangat tenang, sunyi namun gedung berlantai dua ini tetap memancarkan aura mistisnya di siang hari.

Tiket masuk Lawang Sewu sepuluh ribu per orang dan biaya pemandu dua puluh ribu per paket. Saya pikir pengelolaan geung ini lebih profesional dan lebih baik dari kunjungan pertama saya kesini. Sayangnya, ketika kami di sana sedang ada rehabilitasi gedung Lawang Sewu. Pemandu kami mengatakan bahwa kami tidak bisa melihat semua bagian gedung.

Jika melakukan tur waktu malam, suasana gedung cenderung gelap dan temaram. Di siang hari gedung ini terang benderang karena cahaya bebas masuk dari ratusan pintu dan jendela. Jumlah pintu di gedung ini tentu saja tidak mencapai seribu. Setiap ruangan dihubungkan oleh pintu-pintu di dalam ruangan. Mengambil konsep gerbong kereta api. Kami lalu dibawa menuju para-para yang dulu dipakai sebagai aula dan ruang hiburan kaum Belanda. Waktu perang kemerdekaan, ruangan ini berubah menjadi ruang penyiksaan para pejuang. Disini bulu kuduk saya merinding hebat.

Pintu SeribuInside Of Lawang Sewu
pintu seribu dan ruangan mirip gerbong kereta api

Selanjutnya kami dibawa menuju ruang bawah tanah. Hanya Indra yang berani untuk turun ke ruang bawah tanah. Saya cukup menunggu di pintu ruang bawah tanah. Ruang ini memiliki reputasi seram sebagai tempat paling angker di Lawang Sewu. Di lokasi ini ribuan pejuang kita meregang nyawa setelah disiksa sangat keji oleh penjajah Jepang. Mendengar cerita Indra dari pemandu tentang jenis-jenis penyiksaan penjajah membuat saya sangat bersyukur tidak hidup di jaman penjajahan. Tertarik dengan cerita seram Lawang Sewu? Datang saja ke Semarang.

Lorong Bawah Tanahruang bawah tanah

Foto oleh Indra A.

Iklan

4 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s