Timor Timur yang Tersisa di Indonesia

Timor Leste telah lama berpisah dari Indonesia sejak tahun 1999 dan resmi menjadi negara otonom tahun 2002. Namun, di Taman Mini negara Timor Leste bermetamorfosis menjadi nama provinsi yang dulu pernah menjadi bagian Indonesia yaitu Timor Timur.

Dulu rumah ini merupakan anjungan provinsi Timor Timur. Sekarang berubah nama museum Timor Timur. Sengaja dipertahankan untuk mengenang sejarah Timor Timur sebagai provinsi ke-27 atau termuda di Indonesia.

Museum Timor Timur menampilkan rumah adat Timor Timur yang bernama uma lautem atau dagada. Rumah adat khas Timor yang banyak ditemui di kota Los Palos. Rumah ini berbentuk panggung dengan atap limas dan empat tiang penyangga. Rumah ini berdinding kayu dan beratap ijuk.

Kabarnya benda-benda seni dan budaya masih disimpan di dalam rumah. Berupa pakaian adat, perlengkapan seni dan budaya, kain tenun (tais) dan foto wisata Timor Timur. Sayang museum ini sedang ditutup ketika saya berkunjung kesini. šŸ˜¦

Iklan

2 comments

  1. Aku ingat, dulu pas masih kelas 2 MI disuruh ibu guru menggambar rumah adat. Saat yang lain sibuk menggambar rumah Joglo dan rumah Gadang, aku satu2nya yang menggambar Uma Lautem dan mendapat nilai sempurna šŸ˜€ Gara2 itu ibu guruku masih mengingatku sampai sekarang hehhehhe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s