Anjungan Papua Barat : Mod Aki Aksa

Siapa yang tidak tahu  Raja Ampat, primadona selam di Indonesia. Taman Laut ini terletak di kabupaten Raja Ampat provinsi Papua Barat. Provinsi ini merupakan pemekaran dari provinsi Papua.

Berbeda dengan ‘ibunya’ provinsi Papua yang bercorak agraris, maka Papua Barat lebih bercorak maritim. Tidak heran jika anjungan Papua Barat membangun rumah adat berupa rumah panggung yang mencerminkan kehidupan masyarakat nelayan.

Tidak ada suku yang dominan di Papua Barat. Oleh karena itu rumah adat Papua Barat tidak mencerminkan suku tertentu melainkan melukiskan rumah panggung yang banyak ditemui di Manikwari, ibukota Papua Barat.

Rumah ini bernama mod aki aksa yang artinya rumah kaki seribu. Disebut demikian karena rumah ini memiliki banyak sekali tiang penyangga. Aslinya rumah ini terdiri dari satu lantai, terbuat dari kayu dan menggunakan atap dari daun sagu atau jerami. Tiang penyangga diberi ukiran dan dilengkapi patung nenek moyang sebagai penghalau kekuatan jahat. Di Taman Mini, rumah ini dibuat dua lantai. Lantai satu untuk pameran seni dan budaya Papua Barat sedangkan lantai dua sebagai kantor.

patung nenek moyang

Di lantai pertama saya bisa melihat pakaian adat Papua Barat, wisata unggulan dan kerajinan khas Papua seperti ukiran, patung, koteka dan lain-lain.


pakaian adat Papua


perempuan Papua dan senjata tradisional

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s