Anjungan Nusa Tenggara Timur

Patung komodo menyambut setiap pengunjung di anjungan Nusa Tenggara Timur. Hewan purba ini semakin dikenal dunia setelah ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia baru. Satwa ini aslinya hanya bisa ditemukan di Nusa Tenggara Timur tepatnya di pulau Komodo dan pulau Rinca.

Ada banyak rumah adat yang ditampilkan di anjungan NTT. Sesuai dengan keadaan di provinsi ini. NTT terdiri dari ratusan pulau dengan tiga pulau utama adalah pulau Flores, Sumba dan Timor. Di pulau Timor provinsi NTT berbagi wilayah dengan negara pecahan dari Indonesia yaitu Timor Leste.

Bangunan utama di anjungan ini adalah Temukung, yaitu replika istana kerajaan Kupang. Bentuknya rumah panggung dengan atap dari ilalang dan dinding dari pelepah daun tal. Di dalam ruangan dipamerkan aneka kerajinan khas NTT seperti anyaman daun lontar, tenun ikat, alat musik sasando dari Rote dan berbagai pakaian adat dari tiap kabupaten kota di NTT. Sayang penerangan di dalam anjungan kurang memadai. Koleksi yang ditampilkan juga agak berdebu.


pakaian adat Nusa Tenggara Timur

Di samping rumah Temukung dari kupang, bisa dijumpai model rumah adat dari daerah lain seperti rumah adat Ende, Alor, Sumba dan lumbung padi dari kabupaten Timor Tengah Utara. Sayang semua rumah tidak dilengkapi dengan keterangan nama rumah adat dan asal daerah.

Di halaman bisa dilihat patung kuda, hewan kesayangan masyarakat pulau Sumba.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s