Anjungan Nusa Tenggara Barat : Samba Sasak & Dalam Loka Samawa

 Kepulauan Nusa Tenggara adalah sebuah kepulauan yang membentang dari pulau Bali di sebelah barat hingga pulau Flores di Nusa Tenggara Timur. Dulu dikenal sebagai Sunda Kecil, Nusa Tenggara sekarang dibagi menjadi tiga provinsi menurut agama mayoritas. Bali dihuni oleh suku Bali yang menganut agama Hindu. Lalu Nusa Tenggara Barat oleh suku Sasak, Sumbawa dan Mbojo yang beragama Islam. Terakhir adalah Nusa Tenggara TImur yang warganya adalah umat Kristiani. 

Nusa Tenggara Barat terdiri dari dua pulau utama yaitu Lombok dan Sumbawa. Pulau Lombok dihuni oleh suku Sasak. Sedangkan pulau Sumbawa sebelah barat dihuni oleh suku Samawa dan suku Mbojo di sebelah timur.

Rumah adat pertama yang bisa dilihat di anjungan NTB adalah samba dari suku Sasak. Samba adalah rumah yang berbentuk lumbung padi. Lalu ada balai pertunjukan yang berarsitektur Mbojo.

samba dari suku Sasak

Bangunan utama anjungan NTB adalah replika istana kesultanan Sumbawa yang bernama Dalam Loka Sumbawa. Istana aslinya dibangun pada tahun 1825. Berupa rumah panggung yang dibuat dari kayu jati. Terdiri dari dua lantai dengan beberapa ruangan seperti balairung, serambi depan, ruang keluarga sultan dan dapur.

Di Taman Mini, istana ini dipakai untuk memamerkan aneka pakaian adat, diorama upacara adat dan hasil seni budaya NTB. Di lantai pertama terdapat beragam jenis perlengkapan kebudayaan dari suku Sasak, Samawa dan Mbojo. Dilengkapi dengan model pakaian pengantin dan diorama upacara adat. Naik ke lantai dua, saya bisa melihat pameran sejarah dan wisata NTB.


pengantin Sasak dari Lombok Barat dan pengantin Sumbawa


diorama upacara sunat Sasak di Lombok Timur dan pengantin Mbojo dari Bima

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s