Anjungan DKI Jakarta : Rumah Kebaya

Jakarta adalah kota terbesar di Indonesia sekaligus ibukota negara. Karena keunikannya, Jakarta dijadikan provinsi dengan status daerah otonomi khusus. Namanya DKI Jakarta. Kota ini dulu bernama Sunda Kelapa, Batavia, Jayakarta dan akhirnya menjadi Jakarta.

Untuk menjelaskan peranan, potensi, sejarah dan budaya Jakarta, dibangun tiga bangunan di anjungan DKI Jakarta. Pertama adalah blandongan yang beratap joglo semiterbuka berarsitektur Betawi sebagai gedung pertunjukan, rumah Kebaya sebagai rumah tradisional Jakarta, dan replika cawan Monas.

panggung pertunjukan

Rumah adat Jakarta disebut rumah kebaya. Mengambil bentuk rumah tradisional suku Betawi, suku asli Jakarta yang terjadi karena percampuran budaya Sunda, Melayu, Cina dan Arab.

rumah kebaya

Rumah ini mempunyai teras yang dipakai sebagi ruang tamu. Di dalam rumah merupakan ruang keluarga, ruang makan dan ruang tidur. Di belakang terdapat dapur. Rumah ini masih dilengkapi dengan aneka perabot rumah tradisional.

Bangunan di samping rumah kebaya adalah replika cawan Monumen Nasional sebagai ikon Jakarta. Sepasang patung ondel-ondel menyambut semua pengunjung. Dulu ondel-ondel hanya dipakai untuk mengusir roh jahat. Sekarang boneka ondel-ondel sering dipakai untuk menyemarakkan berbagai acara di Jakarta, khususnya saat ada upacara adat di kalangan suku Betawi.

ondel-ondel Betawi

Di dalam bangunan berlantai dua ini ditampilkan sejarah danΒ  budaya Jakarta terutama budaya Betawi. Di lantai bawah menampilkan maket-maket dan diorama yang menceritakan aspek-aspek budaya Betawi.

diorama pengantin Betawi

Naik ke lantai dua, disini diceritakan sejarah dan perkembangan kota Jakarta mulai dari kota pelabuhan menjadi ibukota negara yang supersibuk.


seribu wajah Jakarta dan peta Batavia


Jakarta tempo dulu dan Jakarta masa kini

Iklan

4 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s