Anjungan Jambi : Rumah Kajang Lako

Provinsi ini memiliki nama yang sama dengan nama ibukotanya, yups..inilah provinsi Jambi. Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Jika kebanyakan anjungan di Taman Mini menampilkan banyak sekali rumah adat, provinsi Jambi hanya menampilkan satu buah rumah adat yaitu rumah Kajang Lako.


rumah adat Jambi dan perahu angsa

Rumah ini dibuat dari bahan kayu Bulian yang dibawa langsung dari Jambi. Berbentuk rumah panggung yang terdiri dari serambi depan, serambi belakang dan ruang utama. Serambi depan untuk menerima tamu, serambi belakang untuk rapat adat dan ruang utama untuk kepentingan keluarga dan dapur. Di belakang ruang utama terdapat blubur, ruang terpisah untuk menyimpan hasil pertanian.

Di samping rumah terdapat perahu angsa Kajang Lako. Merupakan perahu kebesaran kesultanan Jambi. Biasanya dipakai untuk berpesiar menyusuri sungai Batanghari.


tari Rangguk dari Kerinci dan prasasti Karang Berahi

Di serambi depan anjungan Jambi terdapat diorama tari rangguk dan replika prasasti Karang Berahi. Prasasti ini ditemukan di Merangin. Menggunakan tulisan Pallawa dan bahasa Melayu Kuno. Bertuliskan tentang kutukan kepada rakyat yang tidak setia kepada raja Sriwijaya.

Di serambi belakang terdapat pelaminan adat Jambi untuk kaum bangsawan yaitu pelaminan Putro Ratno dan pelaminan Amben Melintang untuk rakyat biasa.

pelaminan Putro Ratno

Masih di ruang ini bisa dijumpai diorama tari Sekapur Sirih untuk tamu yang datang berkunjung ke Jambi. Di sekitarnya terdapat boneka pengantin tradisional berbagai kabupaten kota di Jambi. Ada juga model ruang pengantin tradisional.


tari Sekapur Sirih dan ragam hias khas Jambi

pakaian adat kota Jambi, kabupaten Kerinci dan Batanghari


pakaian adat kabupaten Merangin, Muaro Jambi dan Tanjung Jabung Barat

Di ruangan utama dipamerkan kegiatan harian masyarakat Jambi yang terkenal religius. Salah satunya adalah mengaji. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s