Anjungan Bengkulu : Rumah Gedang

 Siapa sangka provinsi di pesisir barat Sumatera ini dianggap sebagai daerah pelosok dan  jauh dari mana-mana. Belanda pernah mengasingkan Bung Karno ke daerah ini dan menikahi gadis Bengkulu keturunan Minang yang akhirnya menjadi ibu negara pertama, Fatmawati.


bunga Rafflesia, lambang Bengkulu dan replika tabot

Sekarang Bengkulu dikenal karena merupakan tempat ditemukannya bunga Rafflesia Arnoldi oleh Thomas Stamford Raffles. Dikenal juga karena lokasi diadakannya festival tabot setiap bulan Muharam untuk memperingati wafatnya cucu Rasulullah.


rumah gedang
 

Ada tiga rumah adat di anjungan Bengkulu. Sebuah rumah gedang untuk bangsawan dan dua buah rumah untuk rakyat biasa. Rumah gedang berukuran lebih besar dan mempunyai banyak ukiran. Di Taman Mini, rumah gedang digunakan untuk memamerkan pelaminan adat Bengkulu, koleksi pakaian pengantin setiap kabupaten kota di Bengkulu dan aneka perlengkapan adat dalam budaya Bengkulu. 


tulisan tradisional Kaganga dan alat musik dol

Ada sembilan suku asli di Bengkulu dan masing-masing suku mempunyai keunikan dalam hal pakaian adatnya. Kesembilan suku tersebut adalah Melayu, Mukomuko, Pekal, Rejang, Lembak, Serawai, Pasemah, Kaur, dan Enggano.


pakaian pengantin Lebong dan kota Bengkulu

Dua buah rumah rakyat di anjungan sebuah dipakai untuk menampilkan bagian ruangan dilengkapi dengan perabotan rumah lengkap. Sebuah rumah lagi dipakai untuk pertunjukan kesenian.

Iklan

6 comments

  1. hahaha … sama kita yak 🙂
    aku upload foto dulu baru mikir mau nulis apa
    sementara orang lain nulis banyak2 baru pening mikir gambarnya apa :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s