Anjungan Sumatera Barat : Rumah Gadang

anjungan Sumatera Barat dilihat dari udara

Rumah gadang melukiskan rumah adat Minangkabau di anjungan Sumatera Barat di Taman Mini. Namanya rumah gadang Sembilan Ruang Empat Deret. Rumah ini dilengkapi dengan balairuang untuk balai pertemuan, rangkiang sebagai lumbung padi dan surau atau mushola. Selain itu ada juga rumah adat suku Mentawai yang tinggal di kepulauan Mentawai.

Rumah gadang aslinya dihuni oleh sebuah keluarga besar yang dipimpin oleh Ninik Mamak yang bergelar Datuk. Kamar-kamar dalam rumah gadang khusus untuk ayah, ibu dan anak perempuan yang sudah menikah beserta suaminya. Anak laki-laki tidur di surau.


patung anak kerbau di depan rumah gadang

Menurut saya, rumah gadang adalah salah satu rumah adat paling indah di Indonesia. Bentuk atap yang melengkung runcing ke atas mirip tanduk kerbau tidak bisa dijumpai di tempat lain.

Asal mula sebutan Minangkabau berawal dari kemenangan (manang) anak kerbau dari kerajaan Pagaruyung di Tanah datar melawan kabau (kerbau) dari kerajaan Majapahit dari Jawa. Kerajaan Majapahit akan menguasai kerajaan Pagaruyung jika kerbau mereka kalah dari anak kerbau. Rupanya pertarungan dimenangkan oleh kerajaan Pagaruyung sehingga mucul istilah manangkabau yang lama-lama berubah menjadi Minangkabau.


pengantin Minangkabau

Masyarakat Minang menganut sistem kekerabatan matrilinial. Artinya kekerabatan dilihat dari garis keturunan  ibu. Satu-satunya sistem matrilinial yang masih tersisa di dunia.


pelaminan adat Minang

Di dalam rumah gadang dipamerkan benda-benda yang melukiskan kebudayaan Minangkabau sebagai etnis asli dan mayoritas di Sumatera Barat. Dilengkapi dengan pakaian adat berbagai daerah di Sumatera Barat serta pelaminan khas Minang.


pakaian adat Tanah Datar, Solok, Agam dan Payakumbuh

Iklan

4 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s