Anjungan Riau : Empat Rumah Melayu

pipa angguk

Sebuah replika gapura kesultanan Melayu Riau-Lingga berdiri gagah menyambut setiap pengunjung di anjungan Riau Taman Mini. Di dekatnya terdapat replika pipa angguk sebagai lambang daerah penghasil minyak bumi utama di Indonesia.

Balai Selasar Jatuh Tunggal

Ada empat rumah yang ditampilkan di anjungan Riau yaitu rumah Balai Selasar Jatuh Tunggal, rumah Lontiok, rumah limas dan rumah kajang.

Balai Selasar Jatuh Tunggal berfungsi sebagai balai pertemuan lembaga adat Melayu. Di Taman Mini, rumah ini dipakai sebagai pameran kebudayaan dan profil provinsi Riau.


Rumah Lontik dan pakaian adat Kampar yang mirip Minangkabau

Rumah lontik atau lontiok merupakan rumah tinggal masyarakat Kampar dan Kuantan Singingi. Rumah ini kadang disebut rumah lancang karena mirip perahu lancang. Baik rumah maupun pakaian adat Kampar mirip sekali dengan yang di suku Minangkabau.


rumah limas Indragiri Hilir

Selanjutnya ada rumah limas yang bisa ditemui di kabupaten Indragiri Hilir, Pelalawan dan Kepulauan Riau (sekarang terpisah menjadi provinsi sendiri). Di dekat rumah limas terdapat patung kitab Gurindam Duabelas karya pujangga Raja Ali Haji dari provinsi Kepulauan Riau.

Selanjutnya terdapat rumah lipat kajang. Tidak jelas ini tipe rumah dari daerah mana. Di dekatnya terdapat patung harimau. Di kolong rumah terdapat perahu yang sering dipakai pada perayaan Pacu Jalur di Kuantan Singingi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s