Melayang di Kedung Kayang

 Entah siapa yang memulai, pada hari itu pada tahun 2009 kami sebagian alumni SMPN 1 Tengaran atau menamakan diri Grisata berkumpul di bawah pohon beringin di halaman depan sekolah. Tepat enam tahun yang lalu kami lulus SLTP, sebutan untuk SMP kala itu.

 Sekolah ini masih sama seperti waktu kami meninggalkannya. Masih sejuk di kaki gunung Merbabu. Hanya bangunannya yang sekarang tampak gagah dengan dua lantai dan warna pink pucat.

Kami lalu memutuskan untuk berjalan-jalan naik motor. Tujuan kami akhirnya air terjun Kedung Kayang di kawasan wisata Ketep. Air terjun ini belum pernah saya dengar sebelumnya. Saya dibonceng oleh Faqih kawan saya. Jalanan menanjak dan menurun dan berkelok-kelok. Sangat indah dan menantang!


Don’t try this at home!

Dari arah Semarang, air terjun ini terletak setelah kawasan wisata Ketep. Terletak di perbatasan kabupaten Boyolali dan Semarang. Tiket masuknya hanya Rp 5.000,- Perlu waktu sekitar lima belas menit untuk menuruni tebing menuju air terjun. Hawa dingin menyergap badan saat menuruni tebing. Mengusir rasa capek di kaki saat melangkah turun.

Saya harus menyusuri tepian sungai untuk menuju air terjun. Di sepanjang sungai terhampar bebatuan besar hasil erupsi gunung Merapi.

Air terjun yang deras sangat menyegarkan mata. Sekaligus mengantarkan dingin bagi siapapun yang mencoba mendekat. Cocok untuk sejenak melayangkan pikiran dari rasa stres karena pekerjaan. Pulang dari air terjun menuju tempat parkir, kami melalui bunker panjang yang konon dibangun oleh penjajah Jepang. Sambil berwisata alam bisa belajar sejarah.

Iklan

4 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s