Keraton Kasultanan

Keraton Kasultanan Yogyakarta, inilah salah satu ikon wajib kunjung di kota Yogyakarta selain Malioboro dan candi Prambanan. Tidak heran jika istana ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. By the way, candi Prambanan berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Yogyakarta atau lengkapnya provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan satu-satunya daerah otonom di Indonesia dengan sultan Hamengku Buwono dan paduka Paku Alam sebagai gubernur dan wakil gubernur.

Istana ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755 dengan nama awal Pesanggrahan Garjitawati. Kompleks istana ini luas sekali. Dilengkapi dengan alun-alun utara, alun-alun selatan, masjid dan istana Taman Sari.

Ketika kami di saat sore hari ke istana, pintu gerbang istana dalam keadaan tertutup. Rupanya keraton hanya dibuka hingga jam dua siang saja.

Pagi harinya kami sudah bersiap-siap untuk menuju keraton. Kami masuk setelah membayar tiket. Bangunan pertama adalah Pagelaran yang merupakan museum berisi pakaian adat yang dipakai di keraton. Lalu ada Siti Hinggil sebagai tempat upacara kerajaan dilangsungkan. Di dalam sini terdapat sebuah panggung kecil bernama Bangsal Mangunturtangkil tempat singgasana sultan.


foto-foto pakai hp 😦

Gedung selanjutnya adalah Kemandungan yang dulu dipakai sebagai pengadilan lalu gedung Sri Manganti yang pernah dipakai sebagai ruang tamu istana. Gedung selanjutnya yaitu Kedaton tertutup untuk wisatawan karena merupakan kediaman pribadi sultan dan keluarganya.


berpose di dalam keraton

Wajib kunjung kesini jika main ke Jogja 😀

Keraton Kasultanan Yogyakarta
Buka : setiap hari, pukul 09.00 – 14.00
Tiket :
Domestik : Rp 7.000,-
Asing : Rp 12.500,-

Iklan

4 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s