Mendarat di Solo

Saya termasuk tipe orang yang lebih suka melihat pemandangan ke luar jendela alih-alih tidur jika naik pesawat. Merasakan sensasi pesawat lepas landas, melihat awan putih di langit yang biru, dan indahnya pemandangan dari atas adalah hal yang jarang saya lewatkan.

Ketika mendarat di Batam, saya melihat pulau-pulau yang memiliki air laut berwarna biru tosca kehijauan. Perkebunan sawit menyambut ketika saya mendarat di Jambi. Di Padang, pantai pasir putih dan laut yang membiru terhampar ketika pesawat mendarat. Sedangkan ketika pesawat akan mendarat di Jogja, gunung Merapi dan Merbabu berdiri gagah menyambut setiap penumpang.

Beberapa kali naik pesawat ke Solo, rupanya pemandangan saat pesawat mendarat di bandara Solo tidak kalah indahnya dengan pendaratan di kota lain.

Bandara Solo bernama Adi Soemarmo. Meski lokasinya berada di Boyolali, bandara ini terletak di antara kabupaten Boyolali, Sukoharjo dan Karanganyar.

Nama bandara diambil dari nama adik pahlawan nasional Adi Sucipto yang namanya sendiri dipakai sebagai nama bandara di Jogja. Saya tidak tahu alasan dipakainya nama kakak beradik ini sebagai nama bandara. Mungkin karena kota Jogja lebih besar jadi dipakai nama sang kakak. Sedang kota Solo yang lebih kecil memakai nama adiknya. *asal. 

Dulunya kecil, sekarang bandara Solo telah direnovasi sehingga terlihat lebih megah daripada bandara Jogja. Akses ke bandara juga lebih beragam karena sekarang ada Batik Solo Trans dengan tiket hanya Rp 10.000,- menuju bandara.

 
awan putih di atas persawahan


waduk Cengklik, Boyolali


sungai Bengawan Solo

 
kampus UNS dan stadion Gelora Manahan

 
landasan pacu dan tempat parkir berbentuk gunungan

 
batiknya sama persis dengan batik *ehm … istri

 
the city of Batik

 
arsitektur Jawa (Joglo)

 
busway ala Solo

 
BST, Rp 10.000,- dari dan ke bandara

 
nemenin adek nonton pesawat dulu dari luar -_-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s