Warna Warni Masjid Kuno di Lempur Tengah

Masjid kuno di Lempur Tengah adalah masjid terakhir yang saya kunjungi untuk menuntaskan rasa penasaran saya akan masjid-masjid kuno di Kerinci. Dari Sungai Penuh, masjid ini bisa ditempuh selama satu jam lewat mengelilingi Danau Kerinci lewat Jujun dan Lolo Kecil.


Masjid Lamo Lempur Tengah

Terletak di kelurahan Lempur Tengah kecamatan Gunung Raya. Di sebuah lorong kecil di kiri jalan dekat jembatan Lempur di jalan raya Jujun-Lempur. Tepatnya sesudah masjid Lamo Lempur Tengah yang mempunyai kubah bulat berwarna merah menyala.

Masjid Kuno berlokasi di tengah-tengah pemukiman warga. Sepertinya masjid ini sudah tidak dipakai beribadah lagi. Bentuk dindingnya dibuat miring dari kayu. Atapnya bertingkat dua.


dinding dan daun pintu penuh ukiran warna-warni

Ukiran bermotif flora berwarna-warni bisa ditemui di dinding, tiang dan penopang atap. Warna yang digunakan adalah merah, putih, kuning, biru dan hijau. Warna merah, putih, kuning dan biru mempunyai makna khusus dalam masyarakat Kerinci.

Keempat warna tersebut melukiskan empat golongan dalam adat Kerinci. Merah melambangkan kaum ninik-mamak, putih melambangkan pemuka agama, kuning melambangkan cendekiawan dan hitam mewakili kaum adat.


interior masjid kuno

Saya tidak bisa masuk untuk mengetahui isi dalam masjid. Hanya bisa melongok ke dalam melalui celah-celah dinding. Isi dalam masjid pun tidak kalah semarak dengan warna-warni ornamen flora khas Kerinci. Hiasan ukiran kayu juga bisa ditemui di atas masjid. Sangat indah šŸ™‚

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s