Kelenteng Kong Miao

 Bangunan berwarna merah menyala ini berada di dekat pintu dua Taman Mini Indonesia Indah. Berada di belakang masjid Pangeran Diponegoro. Nama Kong Miao diambil dari nama kelenteng di Shandong, Cina yang merupakan kelenteng Kong Hu Cu terbesar di Cina dan Asia Timur.

Agama Kong Hu Cu sendiri baru ditetapkan sebagai agama resmi keenam di Indonesia pada tahun 2002 oleh presiden Gus Dur. Sebelumnya segala jenis kegiatan kebudayaan dan keagamaan kaum Tionghoa dilarang sama sekali. Kelenteng ini baru diresmikan tahun 2010 oleh presiden SBY.

Masuk ke dalam kelenteng saya disambut patung sepasang singa dan naga yang terbang di atas air. Dalam mitologi Cina, naga melambangkan kekuatan dan kesaktian. Rumah ibadah ini terbuka untuk semua kalangan. Meski hanya pemeluk agama Kong Hu Cu saja yang diperbolehkan masuk ke dalam bangunan utama.

Di sebelah kiri kelenteng terdapat menara beratap tiga tingkat yang bernama Tian Tan. Tiga tingkat bermakna hubungan antara bumi, manusia dan Tuhan. Sayang di kelenteng ini sedang tidak ada kegiatan peribadatan sehingga tidak dibuka untuk umum.

Di tengah-tengah terdapat bangunan utama yang bernama Da Cheng Dian. Bangunan ini ditopang oleh delapan tiang yang berukir naga melambangkan delapan murid nabi dan delapan pengakuan iman dalam agama Konghucu.


ukiran flora dan fauna pada dinding kelenteng

Desain kelenteng yang unik dan warna-warni yang semarak membuat banyak orang tertarik menyinggahi bangunan ini hanya sekedar untuk berfoto-foto atau mengagumi keindahan arsitektur oriental.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s