Jelajah Sungai di Sitinjau Laut

 Setelah kemarin saya berkeliling menjelajahi sungai Batang Merangin, kali ini saya ingin menyusuri tepian sungai Batang Sangkir di kawasan Sitinjau Laut. Foto seorang kawan di jejaring sosial menyulut rasa ingin tahu saya akan keindahan sungai Batang Sangkir.

Dari Sungai Penuh saya naik motor menuju arah Hiang melewati Tanah Kampung. Sampai di desa Koto Baru Hiang tinggal belok kiri sampai ke desa Betung Kuning. Di desa ini mengalir sungai Batang sangkir.  Keindahan sungai ini ada pada tebingnya yang curam membentuk dinding beraneka bentuk.

Saya lihat juga dua buah aliran air dari selokan yang membentuk semacam air terjun mini.

Dinding-dinding curam terbentuk karena pengikisan tebing oleh air. Tebing ini juga membentuk aneka wujud abstrak. Namun, sangat indah dipandangi berlama-lama.

Berjalan ke arah hulu saya melihat sebuah bendungan dan jembatan menuju areal persawahan. Saya mencoba menyeberang.

Dari atas jembatan nampak pemandangan sungai dan persawahan. Sebagian areal sawah sepertinya bisa segera dipanen padinya. Menguning tanaman padi dihembus angin.

bunga berwarna ungu

Ketika kembali ke arah Sungai Penuh saya memperhatikan tebing di aliran sungai. Saya turun dari motor dan mengambil gambar kembali.

Ketika meninggalkan desa Betung Kuning menuju arah Koto Baru Hiang, mata saya menangkap citra sebuah jembatan gantung berwarna pink di sebelah kanan jalan. Saya menuju arah jembatan tersebut. Rupanya saya menemukan dua buah jembatan gantung.

Tidak ada yang istimewa dengan jembatan ini. Letaknya di tepi sungai di desa Pendung Hilir. Dekat dengan sebuah masjid. Selalu ada sensasi ketika naik jembatan gantung. Badan rasanya ikut bergoyang ke kiri dan ke kanan serta ke atas bawah.

Jembatan berwarna pink yang tadi saya lihat terletak tidak jauh dari jembatan pertama. Hanya berjarak sekitar lima menit. Namun, jembatan ini belum bisa dipakai. Baru dibangun tiang penyangga dan sebagian badan jembatan. Sedangkan alas jembatan belum dipasang. Saya memutuskan pulang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s