Masangin, Masuk di Antara Dua Pohon Beringin

Malam hari di Jogja, saya ingin merasakan atmosfer malam kota ini. Kota yang dikenal sebagai kota pelajar. Disini terdapat universitas tertua di Indonesia yaitu Universitas Gadjah Mada. Banyak mahasiswa belajar dari penjuru Indonesia. Di waktu malam, banyak kawula muda berkumpul sambil bercanda di sepanjang selasar jalan Malioboro. Banyak juga wisatawan yang ikut nimbrung sambil menikmati aneka hidangan di angkringan.

Pilihan saya untuk menghabiskan malam adalah ke alun-alun selatan Yogyakarta. Merupakan lapangan terbuka yang sering disingkat menjadi alun-alun kidul (alkid). Terletak di sebelah selatan keraton Yogyakarta atau di dekat gedung Sasono Hinggil Dwi Abad. Selain nonkrong di angkringan dan kedai lesehan, salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah masangin. Kepanjangan dari masuk di antara pohon beringin. Sepasang pohon keramat di alkid sering dibuat untuk mencoba peruntungan. Konon siapa yang bisa memasuki sebuah lorong besar di antara dua pohon beringin akan dikabulkan keinginannya. 


Udin di dekat pohon beringin

Aturannya, seseorang harus ditutup matanya lalu berjalan perlahan memasuki lorong. Sebelum sampai lorong penutup mata tidak boleh dibuka. Kabarnya jika penutup mata dibuka (ngintip), maka orang itu akan menuju dunia gaib. Seraaam.. 😦

Ada yang secara khusus menyewakan sapu tangan untuk dipakai masangin. Namun, saya telah menyiapkan syal Persib yang saya beli di Bandung hehe. Bukan, saya bukan pemercaya klenik atau takhayul. Hanya ingin sekedar mencoba saja :-P.

Bersama Udin kawan saya, kami bergantian melakukan ‘masangin’. Saya yang duluan mencoba kegiatan ini. Pertama kali mencoba saya bukannya masuk di antara dua beringin malah melenceng jauh ke samping. Baru mencoba kedua kali saya berhasil melakukannya. Yey 😀

Setelah saya, giliran Udin kawan saya. Malang, dua kali mencoba usahanya gagal terus hahaha. Dua kali mencoba dua kali pula Udin berjalan menjauhi beringin hahaha. Konon, hanya yang berhati bersih yang bisa melewati tantangan ini. ^_^

Tinggalkan Balasan

