Tip Top, Setia Menjaga Tradisi

 Hujan baru saja reda di kota Medan. Dingin bercampur dengan angin malam. Namun, saya tidak menyerah kepada deru angin malam yang sesekali menerpa tubuh. Saya melangkah menyusuri jalan Ahmad Yani di bilangan Kesawan, kota tua Medan. Kawasan yang dulu merupakan pusat perdagangan dan pemerintahan kolonial Belanda.

Melihat papan nama Tip Top membuat saya tertarik menyambangi restoran ini. Nuansa tempo doeloe sudah jelas terlihat. Interior dari kayu, kipas angin, lampu-lampu kuno. Bahkan sampai meja dari kayu dan kursi rotan. Semuanya berpadu melukiskan atmosfer yang sama, nuansa jaman dulu.

restoran Jangkie, 1929

Restoran ini awalnya bernama Jangkie. Dibuat menurut nama pemiliknya yang keturunan Belanda. Merupakan restoran tertua di Medan. Didirikan tahun 1929 di jalan Pandu. Pada awalnya hanya menjual makanan Barat dan es krim. Minuman favorit meneer-meneer Belanda yang dulu banyak tinggal di Medan. Pada tahun 1934, restoran ini pindah ke Kesawan dengan nama baru Tip Top. Menu yang ditawarkan mulai bervariasi dengan ditambahkannya menu masakan Cina dan Hindia-Belanda (Indonesia).

 Berbicara tentang kesetiaan, restoran ini jagonya. Tahun berlalu, pengunjung datang dan pergi. Namun, restoran ini keukeuh menjaga tradisi. Gedungnya, peralatannya, pelayannya hingga menunya tidak banyak berubah sejak tahun 1934. Tip Top menggunakan oven dengan bahan bakar kayu yang telah dipakai sejak tahun 1934!

Sedangkan pelayan restorannya mengenakan kemeja panjang warna putih, celana panjang putih dan sepatu hitam. Tempo doeloe banget. Asesori berupa peci ditambahkan kemudian. Dalam melayani pengunjung, mereka menggunakan troli yang dipakai untuk mengantarkan makanan. Unik sekali.

Malam itu Tip Top sangat ramai. Saya memilih duduk di teras alih-alih di ruangan ber-AC di bagian dalam restoran. Karena sebelumnya sudah makan malam, saya memilih untuk minum soda gembira dan es krim. Harga makanan disini standar. Namun, harga es krim relatif lebih mahal. Tidak berapa lama pesanan saya datang diantar pakai troli. Pelayan melayani saya dengan ramah dan senyuman. Benar-benar pelayanan yang berkelas. Rasa es krimnya sangat enak. Berbeda dengan es krim yang dijual di pasaran. Sangat bertrahan lama di lidah. Datang ke Medan, tidak ada salahnya mengunjungi Tip Top.

Tip Top Restaurant
Jalan Ahmad Yani No 92 (Jalan Kesawan)
http://www.tiptop-medan.com/
Gambar pelayan restoran dipinjam dari sini.
Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s